Selasa, 30/04/2024 - 04:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Pertamina Ajak UMKM Cari Cuan di Momen Ramadhan

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, sekaligus  menjadi momen kebangkitan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas akses pasar. Tak mau ketinggalan, PT Pertamina (Persero) mengikutsertakan UMKM binaannya di berbagai pameran Ramadhan. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pertamina menggandeng UMKM untuk tiga gelaran bazar Ramadan yakni di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan kantor Pertamina pada pekan lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyatakan, bazar di momen spesial ini menjadi salah satu wujud Pertamina untuk mengenalkan produk UMKM dan memperluas pasar. Pertamina terus berkomitmen untuk memperkuat daya saing dan memberi manfaat nyata bagi para pelaku UMKM. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kami mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan bekerjasama dengan UMKM di seluruh Indonesia. Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap UMKM lebih terpacu untuk memberikan kualitas produk terbaik bagi konsumennya,” ujar Fadjar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (31/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
PLN Pastikan SPKLU di Sumbar Siap Layani Pengguna Kendaraan Listrik

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Pada Bazar Sobat di Kementerian ESDM, Sekretaris Jenderal KESDM, Dadan Kusdiana mengatakan delapan UMKM Pertamina bersemangat mengenalkan beragam produk seperti, Bagore, Batino’s Pastry, Alika Batik, Prabu by Yangke, Sambal Nyonya, Arcisu by Monalisa Collection, Riya Butik, serta Shokha. 

Kegiatan yang berlangsung pada 26-28 Maret 2024 marak didatangi oleh pengunjung. “Kami berharap, bazar ini bisa menjadi sarana untuk mendorong produk UMKM agar dapat bersaing secara global sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi,” ujar Dadan.

Selain di KESDM, UMKM Pertamina juga menggelar pameran di gedung Grha Pertamina. Aneka produk kuliner, fashion, dan perlengkapan ibadah dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Idulfitri, yang tentu saja pameran ini menjadi salah satu upaya untuk mendongkrak penjualan.

Salah satu UMKM asal Indramayu, Bagore dengan produk bawang goreng kemasan, mengaku sejak diikutsertakan pameran oleh Pertamina, ia mendapat banyak pelanggan baru. Banyak konsumen yang repeat order dengan membeli secara online, baik melalui marketplace maupun whatsApp.

“Bawang goreng yang kami produksi berasal dari bahan baku bawang jenis sumenep dengan kualitas baik, dan diolah dengan banyak varian rasa, seperti original, terasi, cumi asin, jeruk purut, rebon, dan teri, selama ini kami menjual secara online namun sejak sering diajak Pertamina pameran, pelanggan kami bertambah banyak dan pemasaran semakin luas,” kata Sunadi pemilik Bagore.

Berita Lainnya:
Buka Puasa dengan Merokok, Seburuk Ini Dampaknya Bagi Tubuh

Selain pameran offline, Pertamina juga menyediakan akses belanja praktis melalui smexpo.pertamina.com. Melalui market place ini, masyarakat lebih mudah untuk menjelajah produk UMKM, serta tersedia paket khusus Lebaran.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi