Selasa, 30/04/2024 - 03:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Akhir Era Nintendo, Wii U dan 3DS Online Tutup

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Akhir era Nintendo terjadi pada Senin (8/4/2024) lalu, karena layanan online untuk Wii U dan 3DS ditutup. Banyak penggemar Nintendo mengkhawatirkan tanggal tersebut, karena itu berarti fungsi online untuk sejumlah besar game akan berhenti berfungsi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Untuk beberapa game, itu berarti harus kehilangan mode game tertentu. Untuk game dengan fokus online yang besar, itu berarti game tersebut secara efektif tidak akan ada lagi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Penggemar Nintendo sudah cukup lama mengetahui bahwa penutupan Wii U dan 3DS akan terjadi pada tanggal tersebut. Faktanya, itu bukan penutupan besar-besaran pertama yang dialami kedua konsol Nintendo.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Tahun lalu, Nintendo menutup eShop untuk 3DS dan Wii U, sehingga mustahil bagi para gamers untuk membeli game di platform tersebut. Penutupan online Wii U dan 3DS hanyalah paku terakhir bagi fungsionalitas online platform tersebut.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
INI Isi Chat Cabul Interviewers CV kepada Pencaker di LinkedIn, Sampai Tanyakan Hal Tak Senonoh Seperti...

Setelah hari itu, layanan online untuk Wii U dan 3DS tidak akan ada lagi. Kabar baiknya adalah, secara tradisional, sebagian besar game Nintendo tidak terlalu fokus pada mode online.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Namun, masih ada game yang akan terkena dampak serius dari penutupan tersebut. Misalnya, online untuk game Pokemon 3DS tidak akan berfungsi lagi, dan beberapa game Wii U yang signifikan akan sangat terpukul oleh perkembangan ini.

Splatoon, pada dasarnya adalah game multipemain, jadi setelah hari itu, ia akan kehilangan banyak fungsinya. Super Mario Maker adalah tentang mengunduh level buatan pengguna, tetapi itu tidak mungkin terjadi lagi.

Ada juga contoh lain, tetapi kedua pertandingan tersebut adalah dua pertandingan yang akan terkena dampak serius dari penutupan tersebut.

Berita Lainnya:
Sales Pipeline dan CRM: Kombinasi Jitu Memajukan Bisnis

Sisi baiknya, tidak semuanya merupakan malapetaka dan kesuraman bagi penggemar Nintendo yang menyukai game seperti Splatoon dan Super Mario Maker. Meskipun layanan online ditutup untuk versi asli game tersebut, versi baru tetap ada di Nintendo Switch.

Splatoon 2 dan Splatoon 3 sudah tersedia untuk Switch, begitu pula Super Mario Maker 2. Game Wii U lainnya dengan fokus besar pada multipemain daring, Mario Kart 8, memiliki versi yang jauh lebih unggul di Switch yang disebut Mario Kart 8 Deluxe.

Meskipun penjualan Wii U gagal, Switch sukses besar bagi Nintendo. Pada akhirnya, layanan online Switch juga akan ditutup, tetapi mengingat berapa lama Nintendo mendukung Wii U dan 3DS online, para penggemar tidak perlu khawatir hal itu akan terjadi dalam waktu dekat.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi