Kamis, 30/05/2024 - 02:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Akhir Era Nintendo, Wii U dan 3DS Online Tutup

JAKARTA — Akhir era Nintendo terjadi pada Senin (8/4/2024) lalu, karena layanan online untuk Wii U dan 3DS ditutup. Banyak penggemar Nintendo mengkhawatirkan tanggal tersebut, karena itu berarti fungsi online untuk sejumlah besar game akan berhenti berfungsi.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Untuk beberapa game, itu berarti harus kehilangan mode game tertentu. Untuk game dengan fokus online yang besar, itu berarti game tersebut secara efektif tidak akan ada lagi.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Penggemar Nintendo sudah cukup lama mengetahui bahwa penutupan Wii U dan 3DS akan terjadi pada tanggal tersebut. Faktanya, itu bukan penutupan besar-besaran pertama yang dialami kedua konsol Nintendo.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Tahun lalu, Nintendo menutup eShop untuk 3DS dan Wii U, sehingga mustahil bagi para gamers untuk membeli game di platform tersebut. Penutupan online Wii U dan 3DS hanyalah paku terakhir bagi fungsionalitas online platform tersebut.

Berita Lainnya:
IPhone 16 Diperkirakan Rilis September, Ini Beberapa Rumor yang Beredar Tentangnya

Setelah hari itu, layanan online untuk Wii U dan 3DS tidak akan ada lagi. Kabar baiknya adalah, secara tradisional, sebagian besar game Nintendo tidak terlalu fokus pada mode online.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Namun, masih ada game yang akan terkena dampak serius dari penutupan tersebut. Misalnya, online untuk game Pokemon 3DS tidak akan berfungsi lagi, dan beberapa game Wii U yang signifikan akan sangat terpukul oleh perkembangan ini.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Splatoon, pada dasarnya adalah game multipemain, jadi setelah hari itu, ia akan kehilangan banyak fungsinya. Super Mario Maker adalah tentang mengunduh level buatan pengguna, tetapi itu tidak mungkin terjadi lagi.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ada juga contoh lain, tetapi kedua pertandingan tersebut adalah dua pertandingan yang akan terkena dampak serius dari penutupan tersebut.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Meski UU Perlindungannya Disahkan pada 2022, Data Pribadi Masih Sering Bocor
ADVERTISEMENTS

Sisi baiknya, tidak semuanya merupakan malapetaka dan kesuraman bagi penggemar Nintendo yang menyukai game seperti Splatoon dan Super Mario Maker. Meskipun layanan online ditutup untuk versi asli game tersebut, versi baru tetap ada di Nintendo Switch.

ADVERTISEMENTS

Splatoon 2 dan Splatoon 3 sudah tersedia untuk Switch, begitu pula Super Mario Maker 2. Game Wii U lainnya dengan fokus besar pada multipemain daring, Mario Kart 8, memiliki versi yang jauh lebih unggul di Switch yang disebut Mario Kart 8 Deluxe.

Meskipun penjualan Wii U gagal, Switch sukses besar bagi Nintendo. Pada akhirnya, layanan online Switch juga akan ditutup, tetapi mengingat berapa lama Nintendo mendukung Wii U dan 3DS online, para penggemar tidak perlu khawatir hal itu akan terjadi dalam waktu dekat.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi