Selasa, 21/05/2024 - 19:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Retno: RI dan China Punya Sikap yang Selaras dalam Konflik Iran-Israel

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa Indonesia dan China memiliki kesamaan posisi dalam menyikapi konflik yang sedang berlangsung antara Iran dan Israel. Pernyataan itu disampaikan Retno usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menlu China Wang Yi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, (18/4/2024). 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Selama diskusi tadi, posisi China dan posisi Indonesia sama dalam menyikapi isu ini dan Bapak Presiden (Jokowi) juga menyampaikan keyakinannya bahwa China akan menggunakan pengaruhnya agar eskalasi dapat dicegah,” kata Retno. Sejak pecahnya konflik terbaru yang dipicu serangan Israel terhadap Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, 1 April lalu, Indonesia terus menggencarkan diplomasi agar dampak konflik tidak semakin meluas.

Berita Lainnya:
Irak Peringatkan Bahaya Eskalasi Militer di Konflik Israel-Iran

Dalam komunikasi diplomatik yang dilakukan Menlu Retno dengan berbagai negara, termasuk Iran dan Amerika Serikat, Indonesia juga menyerukan perlunya pihak-pihak yang terlibat konflik untuk saling menahan diri.

Masih soal situasi di Timur Tengah, Presiden Jokowi dan Menlu Wang Yi turut menegaskan, dukungan terhadap kemerdekaan Palestina melalui solusi dua negara. “Kedua belah pihak juga sepakat bahwa isu Palestina harus diselesaikan secara adil melalui two state solution, jika kita ingin melihat stabilitas di Timur Tengah,” tutur Retno.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Menlu Retno: Indonesia dan Turki Berbagi Prinsip yang Sama Soal Palestina

Jokowi dan Wang Yi juga melakukan pertukaran pandangan mengenai dukungan mayoritas negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk keanggotaan penuh Palestina di PBB. “Dalam hal ini sekali lagi posisi Indonesia dan posisi China sama, bahwa kita mendukung penuh keanggotaan penuh Palestina di PBB,” ujar Retno.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi