Selasa, 07/05/2024 - 02:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Apa Hewan Terbesar yang Pernah Berjalan di Bumi?

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Saat ini kita hidup di Bumi bersama dengan hewan paling besar yang pernah hidup, yaitu paus biru. Paus biru merupakan mamalia laut raksasa yang berukuran hingga 33,5 meter dan berat lebih dari 150.000 kilogram. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Namun, jika berbicara tentang hewan yang hidup di darat, hewan yang jauh lebih besar telah berkeliaran dibandingkan dengan hewan raksasa masa kini. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dilansir IFL Science, Jumat (26/4/2024), hewan darat terbesar yang pernah hidup di planet ini adalah rekor yang saat ini dipegang oleh Patagotitan mayorum memiliki panjang 37 meter. Beratnya diperkirakan mencapai 70 ton, atau 70 ribu kilogram. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Itu setara dengan 10 gajah Afrika, spesies darat terbesar yang hidup saat ini. Meskipun lebih panjang dari paus biru, dinosaurus yang lamban ini jauh lebih ringan dan tidak sebesar paus biru. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Peneliti Australia Temukan Tiga Spesies Kanguru Baru yang Telah Punah

Kelas berat prasejarah ini adalah sauropoda, subkelompok dinosaurus yang dikenal karena lehernya yang sangat panjang dan ekornya yang sama panjangnya, serta empat kakinya yang mirip belalai yang menempatkannya di tanah seperti pilar. Anggota terkenal lainnya dari kelompok kurus ini termasuk Diplodocus, Brontosaurus, dan Patosaurus. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Seperti namanya, Patagotitan mayorum tinggal di wilayah Patagonia di Argentina selatan saat ini. Bukan suatu kebetulan, tanah ini juga merupakan rumah bagi Argentinosaurus, yang sebelumnya dianggap sebagai dinosaurus terbesar sebelum Patagotitan mayorum ditemukan. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Ilmuwan Deteksi Gelombang Radio dari Bintang yang tidak Aktif

Beberapa orang berpendapat bahwa Argentinosaurus lebih besar dari Patagotitan dan, oleh karena itu, harus mempertahankan mahkotanya sebagai hewan darat terbesar yang pernah ada. Sejujurnya, perkiraan ukuran, pada dasarnya, adalah perkiraan. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Spesimen lengkap belum pernah ditemukan dan ukurannya didasarkan pada sisa-sisa yang tidak lengkap, sehingga menyisakan sedikit kesalahan. 

Enam fosil spesies raksasa ini digali di Patagonia dan pertama kali digunakan untuk mendeskripsikan spesies tersebut pada 2017 yang membuat para ilmuwan dan masyarakat takjub. Sedimen di sekitar sisa-sisa menunjukkan bahwa mereka hidup sekitar 100 juta tahun yang lalu pada periode Kapur. 

Berdasarkan bentuk dan perawakannya….

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi