Minggu, 16/06/2024 - 03:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Menkop UKM: Ekspor Industri Furnitur Positif Meski Hadapi Tantangan

JAKARTA — Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan di tengah berbagai tantangan ekonomi domestik dan global, industri furnitur Indonesia menunjukkan performa yang positif.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam acara Furniture Industry Gathering di Jakarta, Rabu (22/5/2024), Teten menyebut data selama lima tahun terakhir (2018–2022) menunjukkan peningkatan ekspor produk furnitur yang cukup konsisten, dengan nilai ekspor pada 2022 mencapai 2,9 miliar dolar AS (sekitar Rp 46,4 triliun), naik dari 2,8 miliar dolar AS (Rp 44,8 triliun) dari tahun sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Teten mengatakan kenaikan ini menunjukkan momentum positif dan optimisme dalam mencapai target ekspor industri furnitur yang ditetapkan pemerintah sebesar 5 miliar dolar AS atau sekira Rp 80 triliun pada 2024.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Teten mengakui industri furnitur Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan. Seperti ketersediaan bahan baku, kebutuhan akan inovasi desain, dan peningkatan keterampilan sumber daya manusia.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
BP Tapera: Soal Pencairan Dana Sudah Selesai Tahun 2023

Ia mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan daya saing industri dan mencapai target ekspor yang telah ditetapkan dengan menciptakan ekosistem usaha yang kondusif.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Upaya-upaya yang dilakukan, antara lain menyediakan market intelligence terintegrasi serta akses informasi satu pintu untuk para agregator ekspor, memberikan pembiayaan, hingga mengembangkan rumah bagi produk industri kecil untuk ekspansi ke luar negeri, Indonesia Trading House, untuk memperluas jaringan pemasaran ekspor dan menjadikan Indonesia sebagai hub perdagangan global.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Dengan kekayaan produk, keunikan desain dan corak budaya nusantara, serta sentuhan modern, Teten menilai Indonesia memiliki kekuatan untuk memenangkan pasar furnitur internasional. “Sumber daya yang melimpah dan keberagaman budaya kita mestinya menginspirasi keunikan produk kita,” ujar dia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Oleh karena itu, ia mendukung Pameran Furnitur dan Desain IFFINA 2024 yang diharapkan dapat membangun kemitraan yang lebih erat antara para pelaku usaha furnitur Indonesia dengan mitra internasional. “Saya harap kegiatan IFFINA 2024 dapat memicu pembentukan kemitraan strategis yang lebih kokoh, efisiensi rantai pasok yang lebih baik, dan peningkatan pemanfaatan produk-produk lokal. Semuanya ini akan berkontribusi untuk memperkuat fondasi ekonomi nasional,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Indonesia Optimistis Rebut 1 Persen Pangsa Pasar Furnitur Dunia

Teten mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung program penggunaan produk dalam negeri sesuai Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022, guna meningkatkan daya saing produk domestik sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. “Kebijakan ini tidak hanya meningkatkan produk lokal dalam proyek-proyek pemerintah, tetapi juga menginspirasi penggunaan yang lebih luas di berbagai sektor,” ungkap Teten.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

sumber : ANTARA

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالَ أَرَأَيْتَ إِذْ أَوَيْنَا إِلَى الصَّخْرَةِ فَإِنِّي نَسِيتُ الْحُوتَ وَمَا أَنسَانِيهُ إِلَّا الشَّيْطَانُ أَنْ أَذْكُرَهُ ۚ وَاتَّخَذَ سَبِيلَهُ فِي الْبَحْرِ عَجَبًا الكهف [63] Listen
He said, "Did you see when we retired to the rock? Indeed, I forgot [there] the fish. And none made me forget it except Satan - that I should mention it. And it took its course into the sea amazingly". Al-Kahf ( The Cave ) [63] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi