Senin, 17/06/2024 - 17:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kisah Pasutri di Gerbang Romantis 338 Masjid Nabawi, tak Disangka Bisa Berhaji Bersama

Laporan dari Karta Raharja Ucu, jurnalis Republika di Madinah, Arab Saudi

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

MADINAH — Gerbang 338 Masjid Nabawi, Madinah, kerap disebut sebagai gerbang romantis. Pada Jumat (24/5/2024), terlihat Saptaria Suciana (30 tahun) dan suaminya Irpan Hilmi (42) bertemu di sana.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Keduanya berkisah tentang berangkat haji lewat jalan yang menjadi impian semua anak, yakni mendampingi orang tuanya ke Tanah Suci. “Kami tidak mendaftar haji bersama-sama. Sebab, saya belum berniat mau haji, tetapi yang mendaftar haji adalah ayah dan ibunda saya,” ungkap Suci di Masjid Nabawi, Madinah Al Munawarah, Jumat (24/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Suci merawikan, lima bulan lalu orang tuanya mengikuti manasik haji, tetapi tak lama berselang kesehatan sang ayah memburuk hingga akhirnya meninggal dunia. Perempuan asal Sukabumi ini pun ditawari menggantikan porsi sang ayah untuk menemani ibunya ke Tanah Suci.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

“Hasil rembuk keluarga akhirnya saya yang berangkat. Itu juga atas izin suami dan suami pula yang membantu urus pemberkasan,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Seperti kata pepatah, jodoh tidak akan lari ke mana. Jalan Irpan ke Tanah Suci untuk berhaji bersama istri dipermudah oleh Allah SWT. Irpan sebenarnya sudah mendaftar haji, tetapi belum waktunya berangkat. Namun dia ditakdirkan untuk berangkat tahun ini mendampingi sang ayah yang sudah mendaftar dan masuk prioritas lansia (lanjut usia) tahun ini.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
UNM Gali Kreativitas Mahasiswa Agar Jadi Pionir Inovasi dalam Pendidikan

“Alhamdulillah tahun ini, ada kebijakan dari Kementerian Agama untuk penggabungan dan pendampingan lansia. Setelah diurus, Irpan juga dapat berangkat mendampingi Ayahnya,” kata Suci bercerita.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Irpan mengakui kebijakan pendampingan lansia yang dibuka Kemenag sangat membantu. Proses pengurusannya juga mudah, termasuk proses penggantian porsi bagi ahli waris.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“Sehingga kami pun sama-sama bisa mendampingi orang tua untuk naik haji sekaligus menunaikan bakti kepada orangtua,” kata Irpan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Meski berangkat berbeda kelompok terbang (kloter), Irpan dan Suci tidak bisa menutupi rasa bahagianya bisa berangkat haji bersama-sama. Suci dan Ibundanya berangkat dari Sukabumi, lima hari lebih dulu dibandingkan Irpan dan ayahnya yang berangkat dari Ciamis.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Irpan sempat mengantarkan Suci saat sang istri dan ibunya berkumpul di Gedung Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Bandung, Jawa Barat, sebelum berangkat ke embarkasi. “Rasanya sedih juga, sempat ragu bisa bertemu atau tidak, tetapi dalam hati yakin dan berucap, semoga bisa bertemu di Nabawi,” kata Suci.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard
Berita Lainnya:
Ucapan Positif yang Harus Disebut Saat Menerima Kegagalan Menurut Ajaran Islam

Selama di Madinah Suci memang belum memberitahu suaminya tinggal di hotel mana. Ia takut jika suaminya jadi kepikiran. “Saya bilang nanti aja kita bertemu di Nabawi,” katanya.

Suci dan Irpan pun akhirnya bertemu di Nabawi, di depan gerbang 338 yang disebut-sebut sebagai gerbang romantis tempat janjiannya para pasangan. Keduanya semringah saat meminta difoto oleh petugas MCH.

Pasutri yang telah dikaruniai 4 anak ini untuk sementara terpaksa harus berpisah lagi. Suci akan berangkat lebih dulu ke Makkah pada 27 Mei 2024. Sementara Irpan masih akan berada di Madinah hingga seminggu setelahnya.

Enggak apa-apa, nanti insya Allah bertemu lagi di Makkah,” ucap Suci sambal melirik mesra sang suami.

Pasangan suami istri itu pamit. Irpan mengantar Suci ke hotelnya, tak terlalu jauh dari gerbang 338, sekaligus bertemu dengan ibu mertua. 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

فَأَتْبَعَ سَبَبًا الكهف [85] Listen
So he followed a way Al-Kahf ( The Cave ) [85] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi