Minggu, 16/06/2024 - 20:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Ucapan Positif yang Harus Disebut Saat Menerima Kegagalan Menurut Ajaran Islam

JAKARTA — Gagal bisa membuat seseorang merasa tidak mampu untuk berbuat amal kebaikan dan memikul tanggung jawab lagi. Perasaan ini dapat mendorong seseorang untuk menghindari beban dan konsekuensi yang seharusnya dipikul sebagai seorang hamba yang beriman kepada Allah SWT.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam kondisi seperti ini, seseorang mungkin menjadi tunduk pada hawa nafsu, terjebak dalam nafsu duniawi, dan sibuk membicarakan kemenangan orang lain yang dapat memicu ketegangan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Ketika mental seseorang sudah terpukul dan ia merasa kalah secara mental, maka ia tidak akan pernah meraih kemenangan. Sebab, kemenangan hanya lahir dari kerja keras, ketekunan, dan keteguhan iman.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

الْمُؤْمِنُ الْقَوِيُّ خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيفِ وَفِي كُلٍّ خَيْرٌ احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلَا تَعْجَزْ وَإِنْ أَصَابَكَ شَيْءٌ فَلَا تَقُلْ لَوْ أَنِّي فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَذَا وَلَكِنْ قُلْ قَدَرُ اللَّهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ فَإِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta ‘ala daripada orang mukmin yang lemah. Pada masing-masing (mereka) memang terdapat kebaikan. Berjuanglah dengan sungguh-sungguh untuk sesuatu yang bermanfaat bagimu. Mohonlah pertolongan kepada Allah Azza wa Jalla dan janganlah kamu menjadi orang yang lemah. Bila kamu tertimpa suatu kegagalan, maka janganlah kamu berkata ‘Seandainya tadi saya berbuat begini dan begitu, niscaya tidak akan menjadi begini dan begitu’. Tetapi katakanlah ‘Ini sudah takdir Allah dan apa yang dikehendaki-Nya pasti akan dilaksanakan-Nya’. Karena sungguh ungkapan kata ‘law’ (seandainya) akan membukakan jalan bagi godaan setan.'” (HR. Muslim)

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Wahai Suami Sayangilah Istri, Jangan Sampai Terhalang Menjadi Penghuni Surga

Hadits tersebut menunjukkan contoh bagaimana dan seperti apa “orang mukmin yang kuat”. Orang mukmin yang kuat tidak berkaitan dengan kepemilikan kekuatan fisik, tetapi justru karena keimanannya kepada Allah SWT.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Bila seorang Muslim menaati perintah Allah SWT dan menunaikannya dengan baik, tapi kegagalan menghampirinya, maka tidak boleh berkata “Seandainya tadi saya berbuat begini dan begitu, niscaya tidak akan menjadi begini dan begitu”.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Namun katakanlah “Ini sudah takdir Allah”, karena apa yang telah terjadi sesuai dengan qadha dan qadhar-Nya. Allah SWT berbuat apa saja yang Dia kehendaki, dan tidak ada penghapusan atas ketetapan-Nya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Anak dan Istri Makan Hasil Judi Online Suami, Apakah Ikut Berdosa?

Setelah Nabi Muhammad SAW melarang mengucapkan kata syarat “seandainya” dalam situasi seperti itu, beliau SAW menunjukkan bahwa ucapan tersebut akan membuka pintu godaan setan. Sehingga, siapapun yang ada dalam situasi itu menyelisihi apa yang telah ditetapkan Allah SWT dan menyesali apa yang sudah berlalu. Karena dia merasa keberatan dan meratapi nasib yang menimpanya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sejatinya qadha dan qadhar tidak akan tertunda, selama seseorang telah bekerja keras, memaksimalkan akal budinya, memohon pertolongan Allah, dan memohon kebaikan kepada-Nya. Setelah itu, cukuplah diserahkan kepada Allah SWT.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Apapun yang telah ditetapkan Allah SWT adalah baik, meski apa yang telah terjadi ini tampak buruk. Tidak ada seorang pun di antara makhluk yang dapat memaksakan takdir Sang Pencipta Yang Maha Esa dan mengubahnya tanpa izin Allah SWT, sekalipun dunia dan seisinya bersatu.

Sumber:

https://dorar.net/hadith/sharh/62791

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالَ هَٰذَا رَحْمَةٌ مِّن رَّبِّي ۖ فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ رَبِّي جَعَلَهُ دَكَّاءَ ۖ وَكَانَ وَعْدُ رَبِّي حَقًّا الكهف [98] Listen
[Dhul-Qarnayn] said, "This is a mercy from my Lord; but when the promise of my Lord comes, He will make it level, and ever is the promise of my Lord true." Al-Kahf ( The Cave ) [98] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi