Minggu, 19/05/2024 - 08:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Enam Langkah Pelihara Kesehatan Mental Lansia

Keluarga perlu mendukung kesehatan mental lansia.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Psikolog Mona Sugianto mengatakan, ada enam langkah yang bisa dilakukan untuk memelihara kesehatan mental lansia. Hal itu bisa mulai dari melibatkan mereka dalam hubungan sosial dengan orang di sekitar.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Pertama, interaksi sosial itu penting. Bagaimana pun, social connection perlu dijaga agar mereka tetap terlibat entah di RT atau lomba apa misalnya,” kata Mona dalam acara bincang-bincang kesehatan mental yang digelar virtual diikuti di Jakarta pada Senin (24/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Menurut Mona, hubungan sosial sangat baik untuk kesehatan mental lansia. Sebab, mereka tidak akan merasa sendirian atau tidak diperhatikan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah


Langkah kedua, lanjut Mona, para lansia juga harus dibuat aktif setiap harinya. Dalam hal ini, penting untuk membuat jadwal harian maupun mingguan sehingga mereka tidak akan merasa bosan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Belasan Pelajar SD di Lombok Tengah Diduga Keracunan Makanan Setelah Konsumsi Es Jeli

“Sangat baik kalau kita mendiskusikan. Kita sebagai anak itu membuat jadwal, kita kasih buku catatan. Jadwal harian itu harus ada, misalnya, makan, olahraga, istirahat, berjemur. Misalnya juga rawat kucing atau berkebun,” ujar Mona yang tergabung di Ikatan Psikolog Klinis Wilayah Jakarta.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Selanjutnya, usahakan ada kegiatan mingguan juga. Misalnya, untuk yang di Jakarta kumpul sama teman-teman di Ancol, di pinggir pantai lalu mereka senam pagi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“Bisa juga berenang, kan itu bagus banget untuk lansia, apalagi yang jalannya masih oke,” kata dia.

ADVERTISEMENTS

Langkah ketiga adalah manajemen stres. Ketika orang tua sedih atau stres, Mona mengatakan keluarga harus berusaha menghibur dengan hal-hal yang dia senangi agar sedih atau stresnya tidak berlarut-larut, misalnya dengan bermain gitar dan bernyanyi bersama jika orang tua menyukai musik.

ADVERTISEMENTS

Langkah keempat adalah latihan dan diet yang baik. Hal ini menurut Mona sangat perlu diperhatikan apalagi lansia biasanya memiliki pantangan terhadap makanan-makanan tertentu karena kondisi kesehatannya.

Berita Lainnya:
PPIH Aceh Diminta Berikan Layanan Ekstra dan Prioritas untuk Jamaah Haji Lansia

“Misalnya biasanya kalau lansia kan ada aja entah darah tinggi, gula darah tinggi, asam urat, kita betul-betul harus tahu. Kalau enggak boleh makan yang banyak mengandung gula ya jangan dikasih makanan yang banyak gula, nasi atau karbo,” ucap Mona.

Selanjutnya, langkah keempat adalah memastikan mereka memiliki tidur yang berkualitas. Mona pun menyarankan lansia memiliki diari mimpi, sehingga mereka bisa mencatat setiap mimpi yang dialami.

“Kadang kan pola tidur terganggu oleh mimpi buruk atau apa yang sesuai tema kecemasan dia. Dan tidurnya lihat kadang masih sore udah ngantuk tapi jam 11 udah bangun dan enggak bisa tidur, jadi jam tidurnya juga harus diperhatikan,” ujar dia.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi