Sabtu, 04/05/2024 - 15:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Taksi dan Ojek Kecipratan Rezeki Masa Mudik dan Balik

ADVERTISEMENTS

Musim Lebaran pun dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para sopir untuk menjemput rezeki.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Sejumlah pekerja jasa transportasi, seperti sopir taksi dan ojek pangkalan meraup rezeki usai pemerintah mengeluarkan keputusan yang memperbolehkan masyarakat untuk mudik Lebaran 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Moda transportasi seperti pesawat terbang, bis dan kereta api, sudah tentu kebanjiran permintaan tiket. Namun yang tidak kalah kecipratan rezeki Lebaran bagi para sopir taksi dan tukang ojek.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Panji (38 tahun) salah satu sopir taksi Blue Bird yang biasa mangkal di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Ahad (8/5/2022), mengatakan arus balik Lebaran 2022 mempengaruhi pendapatannya secara signifikan. Panji mensyukuri kebijakan pemerintah mengenai mudik tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu, karena kini pendapatannya naik hingga 60 persen.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Fenomena Gunung Es Jual Beli Jabatan pada Pemerintahan Desa

“Kadang Rp 850 ribu malah sampai Rp 1 juta pas arus balik gini,” ujar Panji.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Tahun lalu, Panji merasakan sepi penumpang saat arus balik. Musim Lebaran pun dimanfaatkan sebaik mungkin olehnya untuk menjemput rezeki. “Alhamdullilah, capek pasti tapi dijalanin aja,” katanya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Hal yang sama juga dialami oleh Sulaiman (44 tahun) pengemudi ojek yang sudah lebih dari lima tahun mangkal di pintu masuk Stasiun Senen. Pada 2020 dan 2021, Sulaiman hanya mendapat pemasukan Rp 50 ribu selama musim Lebaran. Sedangkan pada hari biasa, pendapatannya berkisar Rp 150 ribu-Rp 200 ribu di tempat yang sama.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Pengaruh banget boleh mudik, Lebaran itu bisa dapat duit sampai Rp 800 ribu pas arus balik gini tergantung nganternya juga sih ke mana. Waktu belum boleh mudik itu di sini cuma dapat Rp 50 ribu, seharian,” ujar Sulaiman.

Berita Lainnya:
Polisi Selidiki Remaja Tewas Akibat Overdosis Narkoba di Kebayoran Baru

Kenaikan pendapatan yang signifikan ini tidak hanya terjadi pada Sulaiman. Menurutnya, rekan-rekan sesama pengemudi ojek pangkalan rata-rata mendapat Rp 400ribu-Rp 500 ribu per hari selama musim Lebaran.

“Puncaknya sampai hari ini nih sama Senin, nanti malam jam 12 tuh kereta terakhir turun. Alhamdullilah kecipratan rejeki mudik,” ujarnya.

Puncak arus balik di Stasiun Pasar Senen diprediksi terjadi pada hari Ahad (8/5/2022). Menurut data PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta akan tiba 40.900 penumpang yang tersebar melalui Stasiun Gambir (14.900), Stasiun Pasar Senen (15.200), Stasiun Bekasi (4.200), Stasiun Jatinegara (3.800) dan 2.800 lainnya merupakan jumlah penumpang datang di Stasiun Cikampek, dan Jakarta Kota.


 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi