Jumat, 26/04/2024 - 20:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

DLH DKI Gelar Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah

ADVERTISEMENTS

PGJSS melibatkan 2.743 RW di seluruh Jakarta.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengatakan, pihaknya saat ini, sedang menyelenggarakan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah (PGJSS) dalam rangka menyambut Jakarta Hajatan 2022. Tujuannya, kata dia, mengelola sampah rumah tangga secara kolosal di seluruh wilayah DKI selama sepekan, dari 20 hingga 25 Juni 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Melibatkan 2.743 RW di seluruh Jakarta, pelaksanaan PGJSS juga untuk mendukung implementasi Ingub Nomor 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022 terkait lsu Persampahan,” kata Asep dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (9/6).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dia menjelaskan, salah satu yang terlaksana dalam wacana itu adalah pengangkutan sampah terjadwal pada 50 persen RW atau 1.369 RW di seluruh DKI. Asep menerangkan, gerakan tu juga untuk mengaktifkan fungsi bidang pengelolaan sampah (BPS) seluruh RW di Jakarta, sehingga akan terwujud pengurangan sampah dari sumber asalnya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
KPK: Gratifikasi dan Pencucian Uang Hakim Agung Gazalba Sampai Rp 9 Miliar

Dia memaparkan, PGJSS akan dilaksanakan dengan mensimulasikan pola pengelolaan sampah sesuai Pergub Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup RW. Asep berharap, pola pengelolaan sampah ini menjadi semakin terinternalisasi dan menjadi kebiasaan baik. “Dan pada akhirnya menjadi budaya baru warga Jakarta dalam memilah dan mengurangi sampah dari sumber.”

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Asep menyampaikan, DLH DKI telah mengadakan alat pendukung sosialisasi (campaign kit) PGJSS berupa 3.000 spanduk kegiatan untuk setiap RW, 15 ribu poster instruksi kerja untuk setiap RT, dan 3.000 vest Jakarta sadar sampah untuk setiap ketua BPS RW se-Jakarta. Setiap Suku DLH lima wilayah, juga telah diadakan alat kebersihan untuk mendukung kinerja bidang pengelola sampah RW.

Berita Lainnya:
Usai Dipecat, 249 Nakes Datang Minta Maaf Sambil Berikan Kendi Berisi Tuak, Bupati Manggarai Beri Pesan Menohok Begini

“Semua sarana ini akan dibagikan sebelum PGJSS digelar,” kata Asep. Adapun rangkaian kegiatan PGJSS 2022,berupa pengumpulan secara terjadwal sampah mudah terurai, sampah material daur ulang, sampah bahan berbahaya dan beracun (B3) rumah tangga, dan kerja bakti massal. Nantinya, sampah mudah terurai disalurkan ke komposting komunal, ecoenzyme, dan biokonversi maggot BSF.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi