Kamis, 02/05/2024 - 15:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

APLIKASITEKNOLOGI

Mana Lebih Baik, WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop?

ADVERTISEMENTS

Perbedaan utama WhatsApp web dan dekstop adalah format atau bentuk platform-nya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA – WhatsApp merupakan layanan perpesanan instan terpopuler. Para pengembang terus melakukan pembaruan untuk memastikan pengguna tidak beralih ke aplikasi lain.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


WhatsApp tidak hanya tersedia untuk aplikasi ponsel tetapi juga bisa diakses melalui komputer. Ada dua layanan WhatsApp yang dibuka melalui komputer, yaitu versi Web dan Desktop. Meskipun terlihat sama, ada perbedaan antara versi Web dan Desktop.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Perbedaan antara WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh


Perbedaan utama adalah format atau bentuk platform-nya. WhatsApp Web adalah WhatsApp yang dibangun dengan format berbasis Web. Sedangkan WhatsApp Desktop memiliki format berdasarkan program aplikasi untuk komputer.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Perbedaan tersebut membuat cara mengakses kedua versi itu berbeda. Untuk versi Web dapat melalui browser lalu membuka situs Kemudian pengguna menautkan akun WhatsApp di ponsel ke halaman.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Microsoft akan Berikan Pelatihan AI Kepada 840 Ribu Orang di Indonesia


Di sisi lain, akses versi Desktop memerlukan pengunduhan aplikasi. Pengguna dapat mengunduh aplikasi melalui situs resmi WhatsApp. Sebelum mengunduh, pastikan aplikasi tersebut kompatibel dengan sistem operasi komputer. Jika unduhan berhasil, instal aplikasi WhatsApp Desktop sesuai petunjuk di komputer masing-masing.


Untuk mulai mengaksesnya, pengguna hanya perlu menautkan akun WhatsApp di ponsel ke aplikasi. Cara menautkannya pun sama seperti di WhatsApp Web.


Selain format, perbedaan lain yang terlihat adalah kemampuan untuk memperkecil halaman platform. WhatsApp Web yang diakses melalui browser tidak memiliki fitur Minimize. Sedangkan versi Desktop memiliki fitur Minimize.


Kemudian versi Desktop mendapat pembaruan yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan video dan telepon. Fitur tersebut tidak tersedia di versi Web.


Kesimpulan, pilih yang mana?


Dikutip VOI, Selasa (21/6/2022), berdasarkan uraian di atas, WhatsApp Desktop memiliki keunggulan dibandingkan WhatsApp Web. Yakni dengan fitur video call dan telepon. Namun, ini tidak serta merta menjadikan WhatsApp Desktop sebagai pilihan terbaik. Sebab, WhatsApp Desktop memiliki persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh komputer pengguna.

Berita Lainnya:
Ini Bocoran Baterai Galaxy Z Fold 6 Samsung, Seperti Apa?


Platform WhatsApp Desktop hanya dapat digunakan pada perangkat komputer yang mampu menjalankan setidaknya sistem operasi versi Windows 8.1 dan yang lebih baru atau Mac OS 10.10 atau yang lebih baru. Jadi, jika komputer atau laptop Anda tidak memenuhi persyaratan minimum tersebut, disarankan untuk menggunakan WhatsApp Web.


Selain itu, komputer yang bisa menjalankan kedua sistem operasi itu memiliki kapasitas RAM minimal hingga 2GB. Jika pengguna tidak memenuhi standar, mereka tidak dapat menjalankan versi Desktop di perangkat mereka. Jadi, kesimpulan dari lebih baik mana antara versi Web dan Desktop? Jawabannya tergantung pada kemampuan dan kapasitas komputer pengguna.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi