Kamis, 30/05/2024 - 02:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Taman Safari Indonesia Jaga Ketat Satwa Agar tak Terjangkit PMK

Taman Safari terapkan standar ketat kebersihan dan sterilisasi lindungi satwa.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

BOGOR — Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor menggencarkan berbagai upaya untuk mencegah satwanya terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Belakangan, virus PMK tengah merebak dengan jumlah kasus meningkat di beberapa wilayah.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

General manager TSI Bogor, Emeraldo Parengkuan, menyampaikan bahwa kondisi kesehatan satwa di kawasan TSI Bogor selalu dipantau dengan rutin. Penangkaran satwa pun telah mengikuti standar ketat terkait kebersihan dan sterilisasi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Terdapat enam dokter hewan didampingi tenaga kesehatan yang bertugas di TSI Bogor. Mereka merawat sekaligus mengawasi secara ketat dengan pedoman biosecurity dan biosafety di habitat serta penangkaran satwa.

Saat bertugas, tenaga kesehatan dan karyawan menggunakan seragam khusus agar menghindari kemungkinan kontaminasi dari droplet. Mereka juga bekerja mengenakan sarung tangan dan sepatu bot yang disediakan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Blue Origin Terbangkan Astronot Tertua ke Luar Angkasa

Ketika masuk ke penangkaran, sepatu direndam dalam kotak disinfektan yang sudah tersedia. Antisipasi lain pencegahan virus PMK yakni menyediakan pakan satwa yang sudah dijamin kebersihannya. TSI Bogor tidak melarang pengunjung membawa pakan yang dibeli dari pedagang di luar area karena ingin memberikan dampak ekonomi kepada pedagang dan perkebunan warga sekitar.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Kami sudah memberikan penyuluhan kepada warga dan pedagang sekitar terkait kebersihan dan kualitas pakan yang baik untuk satwa termasuk penyuluhan tentang wabah PMK sehingga bersama kita dapat mencegah penyebaran wabah ini,” kata Emeraldo melalui pernyataan resminya, dikutip Kamis (23/6/2022).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Falcon 9 Luncurkan Satelit Navigasi Galileo 

Dia menginformasikan bahwa kegiatan penyuluhan kepada warga sekitar rutin dilakukan oleh TSI Bogor demi mengedukasi dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Diharapkan, akan semakin banyak warga yang peduli dan turut menjaga lingkungan serta meningkatkan kewaspadaan, khususnya pencegahan virus PMK.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

TSI Bogor menyadari virus PMK memiliki dampak terhadap kesehatan, sekaligus mengimbas perekonomian. Sebab, satwa yang terjangkit virus PMK akan menyebabkan kerugian bagi para peternak dan berpengaruh pada ketahanan pangan.

ADVERTISEMENTS

Akan tetapi, TSI Bogor mengingatkan bahwa virus PMK menyebar di kalangan hewan dan tidak bersifat zoonosis (menyebar dari hewan ke manusia atau sebaliknya). Virus PMK umumnya menyerang satwa yang memiliki kuku belah seperti sapi, domba, dan sejenisnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi