Jumat, 26/04/2024 - 22:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Digitalisasi Dorong Daya Saing UMKM Lokal di Pasar Global

ADVERTISEMENTS

UMKM didorong untuk memanfaatkan teknologi digital guna memperluas pasar

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAYAPURA – Persaingan global saat ini kian marak. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pun didorong untuk memanfaatkan teknologi digital guna memperluas pasar. UMKM Indonesia saat ini juga perlu mengembangkan pola pikir baru dalam pemanfaatan teknologi informasi dengan menjadikan usahanya digital sekaligus global.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Menurut data Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) sampai Mei 2022, total unit UMKM/IKM/Artisan yang telah onboarding mencapai 19,1 juta dan semakin dekat dengan target 30 juta UMKM digital di tahun 2023. Salah satu potensi UMKM dan produk unggulan di Indonesia berasal dari Provinsi Papua.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Selain sumber daya alam yang melimpah, Papua juga kaya akan budaya dengan produk unggulan lokal yang khas. UMKM di Papua bisa semakin maju dengan memanfaatkan berbagai fasilitas teknologi digital yang telah dibangun pemerintah,” ungkap Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemkominfo, Septriana Tangkary.

ADVERTISEMENTS


Kementerian Dalam Negeri turut mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Dukungan diwujudkan melalui komitmen pemerintah untuk menggunakan produk lokal yang tercantum dalam Perpres No. 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Pusat AI Indonesia Bakal Hadir dengan Investasi Dekitar Rp 3,1 Triliun


Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah 3 Kementerian Dalam Negeri, R Budiono Subambang, menyampaikan Kemendagri dan LKPP telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri dan Kepala LKPP yang mendorong pemerintah daerah untuk mewajibkan penggunaan produk dalam negeri. Pemda diwajibkan mengalokasikan paling sedikit 40 persen dari anggaran barang dan jasa untuk membeli produk koperasi dan UMKM.


“Pasar tersebut dapat ditembus dengan melakukan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Adanya BBI telah mendorong aksi afirmasi positif untuk belanja produk dalam negeri,” tegas Budiono.


Dalam acara guna menyambut Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2022 di Provinsi Papua pada Juni – Agustus 2022, turut hadir secara virtual Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Sartin Hia. Sartin menyampaikan harapan kepada Kemkominfo selaku campaign manager untuk turut membantu dalam jaringan komunikasi sekaligus mempublikasikan semangat bangga buatan Indonesia di berbagai kanal informasi.


“Harapannya dengan adanya dukungan dari Kominfo, Gerakan BBI di Papua dapat menjangkau sampai ke pelosok Papua,” katanya.


Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Philip Gobang menyambut baik harapan tersebut. Menurutnya Kemenkominfo bersama stakeholder lain berkomitmen untuk memajukan UMKM Papua mulai dari pembangunan infrastruktur hingga pemberdayaan literasi digital.

Berita Lainnya:
Kemenkominfo Siapkan 2500 Beasiswa DTS Bersama Google


“UMKM merupakan salah satu sektor yang berkontribusi besar terhadap PDB. Maka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) ini diharapkan dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional. Selama Juni sampai Agustus 2022, Kemenkominfo ditunjuk menjadi campaign manager Gernas BBI di Provinsi Papua,” terang Philip.


Forum diskusi turut dihadiri oleh Synergy Project Leader Telkom Kuncoro Wastuwibowo, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Dedy Irianto, Vice President Government Affairs Lazada Budi Primawan, serta Head of Government Relation DANA Felix Sharief. Dukungan akan optimalisasi digitalisasi UMKM pun turut disampaikan oleh keempat sektor baik dari segi aplikasi, pembinaan, dan sumber daya manusia. Selain aplikasi, didukung juga dengan adanya pengikut di media sosial, sehingga komunikasi dan promosi bisa sangat mudah disampaikan kepada masyarakat


“Pada Kementerian BUMN, kami diminta setiap BUMN yang memiliki penghasilan di atas 1 triliun, untuk menyiapkan tempat-tempat pembinaan mulai dari pengembangan UMKM, Satgas Bencana, sampai Program PK/BL/KUR,” ungkap Kuncoro.


 


Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi