Selasa, 21/05/2024 - 05:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kemenparekraf Jalankan Empat Tahap Kampanye Sadar Wisata

Empat tahap yaitu sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan apresiasi.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan Kampanye Sadar Wisata (KSW) serta Pelatihan dan Pengembangan Pemasaran Online dan Peningkatan Kualitas Layanan di 6 Destinasi Pariwisata Prioritas. KSW akan dibagi dalam empat tahap.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Plt. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Frans Teguh, menjelaskan, program KSW ini sebenarnya telah dilakukan secara rutin. Namun mengingat ada dukungan dari Bank Dunia, Kemenparekraf sudah melakukan persiapan dalam skema kampanye sadar wisata yang lebih berkelanjutan.

“KSW dibagi dalam empat tahap yaitu sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan apresiasi,” kata Frans, Selasa (19/7/2022).

Berita Lainnya:
PG Rendeng Kudus Targetkan Produksi Gula 20 Ribu Ton

Tahapan itu akan dilaksanakan secara multiyears (tahun 2022-2023) untuk memperkuat keterkaitan perekonomian lokal dengan pariwisata.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kegiatan ini, kata Frans, didedikasikan untuk Destinasi Pariwisata Prioritas melalui berbagai metode, terutama dengan modul-modul yang dipersiapkan. “Kami juga mendorong partisipasi aktif pemerintah daerah dalam pengembangan pariwisata di desanya masing-masing, sekaligus penwp-signup.phpan kandidat champion local desa,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Frans menjelaskan, program Kampanye Sadar Wisata akan fokus pada penerapan Sapta Pesona Era Society 5.0, Pelayanan Prima, dan disiplin protokol Kesehatan (CHSE). 

Sementara itu, Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf, Florida Pardosi, menambahkan, kedua program tersebut mengikutsertakan masyarakat dan pelaku usaha lokal di wilayah 6 DPP, dengan melibatkan setidaknya 6.500 masyarakat untuk KSW dan lebih dari 7.700 Pelaku Usaha Lokal untuk program Pelatihan dan Pengembangan Pemasaran Online dan Peningkatan Kualitas Layanan.

ADVERTISEMENTS

“Sosialisasi KSW sudah kami lakukan sejak Maret 2022 di 65 desa wisata di wilayah 6 DPP dengan menggunakan 3 modul, yaitu Sapta Pesona, Layanan Prima, dan CHSE,” kata Florida.

ADVERTISEMENTS

Florida melanjutkan, saat pelatihan nanti akan ada 14 modul. Kemenparekraf juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata setempat, sehingga nantinya bisa mengawal.

Berita Lainnya:
Gapki Dukung Program Ketahanan Pangan Tumpang Sari Sawit dan Padi

“Terutama dalam menjaring peserta untuk ke tahap selanjutnya yaitu pelatihan dan implementasi project pengembangan desa,” ujar Florida.


 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi