Rabu, 08/05/2024 - 15:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Covid-19

ADVERTISEMENTS

Ada bukti mengkonsumsi makanan tertentu akan mempercepat penyembuhan Covid-19

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Mungkin banyak yang tidak mengetahui tentang apa yang harus dimakan, jika menderita Covid-19 agar bisa segera pulih. Diet yang seimbang dan padat nutrisi sangat penting untuk mempertahankan sistem kekebalan yang kuat, bahkan saat penelitian tentang bagaimana makanan tertentu dapat mempengaruhi pemulihan dari virus SARS-CoV-2 masih dalam tahap awal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menurut ahli diet Toby Amidor, RD, CDN, penulis The Family Immunity Cookbook, tidak ada bukti mengkonsumsi makanan tertentu akan mempercepat penyembuhan gejala Covid-19. “Tidak ada data ilmiah yang mendukung klaim bahwa makan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat mempersingkat durasi Covid-19,” kata Amidor.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Namun, beberapa makanan dan lebih khusus lagi nutrisi yang dikandungnya akan membantu tubuh dalam meningkatkan respons yang lebih efektif. Khususnya vitamin D yang merupakan komponen penting dalam kesehatan kekebalan tubuh. Suplementasi vitamin D ditemukan menjadi pelindung terhadap infeksi saluran pernapasan akut, terutama pada peserta yang kekurangan, menurut tinjauan 2017 dan meta-analisis yang diterbitkan di The BMJ.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Banyak mikronutrien tambahan, termasuk vitamin C, B6, dan E, juga telah dikaitkan dengan fungsi kekebalan yang lebih kuat. Selain itu, kekebalan yang lebih besar telah dikaitkan dengan konsumsi makronutrien tertentu seperti serat dan protein.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Belasan Pelajar SD di Lombok Tengah Diduga Keracunan Makanan Setelah Konsumsi Es Jeli

Makanan fermentasi juga berperan dalam kesehatan kekebalan tubuh. Sebuah studi dari tahun 2021 yang muncul di jurnal Cell menemukan bahwa, makanan fermentasi meningkatkan keragaman mikrobioma  yang berpengaruh pada respon imun.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Namun, banyak penelitian tentang diet dan kekebalan bergantung pada pola makan diet yang terbentuk sebelum tertular suatu penyakit. Selama terinfeksi Covid-19 biasanya memerlukan makan dengan baik agar merasa sehat.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Jika Anda atau kerabat Anda mengidap Covid-19, tambahkan beberapa makanan berikut ke daftar belanjaan untuk dikonsumsi, seperti dikutip Health.com.

Sayuran dan buah-buahan

Mengkonsumsi banyak buah dan sayuran adalah metode yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan dan kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa buah dan sayuran yang kaya akan zat gizi mikro penambah kekebalan tubuh termasuk seng, vitamin A, C, dan D meliputi jeruk, tomat, beri, kiwi, wortel, ubi jalar, brokoli, paprika, jamur.

Makanan ini tidak hanya memberi mikronutrien esensial, tetapi banyak diantaranya juga meningkatkan asupan karbohidrat kompleks. Ini dapat membantu tingkat energi agar lebih stabil sepanjang hari, yang mungkin bermanfaat ketika berhadapan dengan kelelahan akibat Covid-19.

Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh mengandung serat prebiotik, yang bertindak sebagai “makanan” bagi bakteri baik di saluran pencernaan. Mikrobioma yang sehat terkait dengan sistem kekebalan yang lebih kuat, kemungkinan besar karena saluran pencernaan mengandung bakteri bermanfaat yang menurunkan peradangan.

Berita Lainnya:
Kementerian PPPA Optimistis Cuti Ayah Tingkatkan Produktivitas Perusahaan

Protein

Protein, makronutrien terbesar kedua setelah lemak dan karbohidrat, dikenal karena perannya dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Semua sel Anda, termasuk sel kekebalan, didukung olehnya. Menurut penelitian yang ditemukan dalam British Journal of Nutrition, mengonsumsi terlalu sedikit akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit menular.

Amidor menyarankan untuk memilih potongan daging sapi tanpa lemak. Tentu saja, protein dan seng tidak hanya ditemukan pada daging sapi; mereka juga hadir dalam domba, dan ayam.

Selain itu, banyak makanan nabati yang juga menawarkan protein, seperti kacang-kacangan, lentil, dan tahu. Di sisi lain, jika mengalami masalah pencernaan terkait Covid-19, mungkin harus menghindari makanan ini karena dapat memperburuk kembung dan diare.

Produk susu

Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi produk susu seperti yogurt, jika menderita Covid-19. Hal ini karena yogurt mengandung kultur hidup dan aktif yang berfungsi sebagai probiotik.

Mengkonsumsi yogurt dan makanan berbasis yogurt saat sakit merupakan awalan yang baik, karena mereka seringkali memiliki rasa yang ringan dan tekstur yang dingin seperti smoothie dan shake. Jika yogurt bukan pilihan yang disukai, susu juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi