Sabtu, 27/04/2024 - 08:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Bantu Petani Lebih Produktif, Jokowi Luncurkan Program Taksi Alsintan di Gresik

ADVERTISEMENTS

Program ini membantu petani memiliki alsintan secara mandiri melalui fasilitas KUR.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan taksi alsintan yang merupakan program dari Kementerian Pertanian, di Kecamatan Penceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Program ini diluncurkan untuk membantu para petani memiliki alat dan mesin pertanian (alsintan) secara mandiri melalui fasilitas bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Jokowi berharap program tersebut dapat menggantikan pola lama yang dinilai tidak produktif. “Ini yang untuk alsintan alat dan mesin pertanian yang kita harapkan itu sudah tidak menggunakan pola lama. Artinya pemberian dari kementerian pertanian, itu kita lihat di lapangan tidak produktif karena begitu rusak sedikit saja pasti ditinggal,” ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (22/8/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Demi Modernisasi Alsintan, Kementan Gencarkan Program Gelisah

Melalui program taksi alsintan ini, Jokowi pun meyakini nantinya akan banyak para pelaku usaha di sektor pertanian yang tertarik untuk memiliki alsintan. “Saya kira akan banyak sekali daerah-daerah, desa-desa, provinsi, kabupaten akan banyak para petani yang mau beli alat dan mesin pertanian baik itu apa rice mill unit (RMU), baik dryer, baik combine harvester, traktor dan lain-lain dengan pola taksi alsintan,” kata dia.

ADVERTISEMENTS

Jokowi juga meyakini program taksi alsintan ini dapat menekan food loss dari setiap produksi hingga 6-7 persen. Menurut dia, saat ini angka food loss produksi di Indonesia masih cukup tinggi yaitu sekitar 12-13 persen.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Besok Pagi, Jokowi Bertemu CEO Apple di Istana Merdeka

“Mengenai tenaga kerja di bidang pertanian, saya melihat beberapa profesi justru kekurangan. Ya penggantinya ya produksi alsintan yang modern, baik harvester-nya, baik traktornya, baik RMU-nya. RMU itu kalau yang lama itu banyak yang menjadi beras pecahnya. Tapi kalau pakai rice mill unit yang modern bisa ditekan kira-kira 6-7 persen kehilangan beras yang rusaknya, dan itu 6 persen sudah bisa dipakai untuk mencicil mesin RMU yang ada,” jelas dia.

Dalam peluncuran taksi alsintan ini, Jokowi juga didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi