Jumat, 26/04/2024 - 17:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Dosen Mengabdi IPB Gelar Pelatihan Budi Daya dan Pembuatan Pakan Ternak dari Daun Kelor

ADVERTISEMENTS

Pelatihan diikuti Kelompok Tani Desa Cibatok, Bogor, Jawa Barat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

BOGOR — IPB University melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) meluncurkan program Dosen Mengabdi. Program ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen IPB University. Salah satu pengabdian yang dilakukan adalah pelatihan dan pendampingan teknik budi daya dan pengolahan daun kelor sebagai suplemen pakan.  

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Pelatihan dilakukan di Kelompok Tani Desa Cibatok, Bogor, Jawa Barat. Program tersebut sebagai diseminasi teknologi tepat guna dari para dosen IPB University dari Fakultas Peternakan. Terdiri dari Dr Heri Ahmad Sukria, Prof Hamim, Dr Widya Hermana, Dr Nandang dan Sazli Tutur Risyahadi STP MT.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Sebanyak 15 warga yang berprofesi sebagai petani dan peternak hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan dikoordinasikan oleh Ruslan sekaligus peserta yang akan menggarap lahan untuk budi daya kelor. Ia sudah berpengalaman dalam melakukan penanaman kelor dan pemeliharaan ayam, baik jenis broiler maupun kampung. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
P2G: Tidak Wajibnya Ekstrakurikuler Pramuka Bagi Siswa Sesuai UU Pramuka


“Pelatihan ini bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam budi daya kelor dan pemeliharaan ayam. Selain itu, kegiatan ini sangat baik sehingga menambah usaha dan menambah pendapatan kami,” ujar Ruslan dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (3/9/2022).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Ketiga dosen IPB University memberikan materi berbeda. Materi mencakup teknik pengolahan kelor sebagai sebagai suplemen pakan, budi daya ayam kampung dan broiler dan cara budi daya kelor. Dr Heri menyampaikan, ada potensi penggantian bahan pakan jagung sebagai sumber energi dengan singkong bersuplemen daun kelor.  


“Kelor memiliki banyak kandungan aktif yang tidak hanya untuk kesehatan manusia, tapi juga sebagai suplemen dalam pakan. Pengolahan kelor terbilang sederhana dan mudah dilakukan oleh petani, cukup dengan pengeringan dan penggilingan untuk menjadi bahan pakan,” ungkap Dr Heri saat pelatihan.

Hal sama disampaikan Prof Hamim. Ia menegaskan, budi daya kelor tidak sulit. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perlu adanya pengaturan jarak tanam yang tepat. Di sisi lain, Dr Widya menyampaikan, kelor dapat berperan untuk meningkatkan performa ayam. 

Berita Lainnya:
UNM Kampus Margonda Gelar Kegiatan Santunan Anak Yatim di Bulan Ramadhan


Pada kesempatan tersebut dilakukan pemberian dan pendampingan penanaman benih kelor oleh tim dosen IPB University kepada Kelompok Tani Desa Cibatok. Tidak hanya itu, peserta diberi kesempatan memelihara ayam kampung dengan bantuan pemberian Day Old Chicken (DOC) dari dosen IPB University. Setelah penanaman, diharapkan hasil daun kelor dapat dijual ataupun diolah menjadi suplemen pakan. 


Salah satu peserta dari peternak ayam menyampaikan, kegiatan ini menambah wawasan mereka terkait pemanfaatan lahan kosong dengan ditanami kelor di sekitar rumah. Selain itu, kini masyarakat mengetahui pemanfaatan kelor sebagai pakan.


Sementara itu, Dr Nandang menambahkan bahwa para petani sebaiknya membangun kerja sama kelompok yang kuat. Dengan kolaborasi antarpetani, maka banyak peluang-peluang peningkatan usaha. Seperti pengadaan DOC, pengadaan benih kelor serta pengolahannya secara bersama sehingga menjadi lebih murah.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi