Sabtu, 27/04/2024 - 02:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Sering Mengidam Makanan Jenis Ini Bisa Jadi Gejala Diabetes

ADVERTISEMENTS

Mengidam karbohidrat pada diabetesi berkaitan dengan kontrol glikemik yang buruk.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Pada tahap awal, diabetes tipe 2 sering kali tak memunculkan gejala sehingga tak disadari oleh pengidapnya. Mengidam jenis makanan tertentu bisa menjadi petunjuk bahwa seseorang mungkin kena diabetes tipe 2.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Kaitan antara mengidam (food craving) dengan diabetes tipe 2 ini diungkapkan dalam sebuah studi terbaru yang melibatkan 210 partisipan. Sebanyak 105 partisipan telah terdiagnosis dengan diabetes tipe 2, dan 105 partisipan lain merupakan individu yang sehat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam studi ini, para partisipan diminta untuk mengisi survei mengenai food craving. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah perubahan kadar gula darah dapat memperkuat preferensi seseorang terhadap makanan tertentu.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Malaysia Perketat Bazar Ramadhan Setelah Penemuan Kain Lap di Martabak

Hasil studi menunjukkan bahwa kelompok yang menderita diabetes tipe 2 memiliki skor craving atau skor mengidam karbohidrat yang lebih tinggi. Akan tetapi, kelompok pengidap diabetes memiliki skor mengidam lemak yang lebih rendah dibandingkan kelompok individu sehat.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Mengidam karbohidrat pada pasien diabetes berkaitan dengan kontrol glikemik yang buruk,” ungkap tim peneliti, seperti dikutip dari laman Express, Selasa (13/9/2022).

Berita Lainnya:
Dokter Anjurkan Konsumsi Kue Kering Maksimal 4-5 Keping per Hari

Studi dalam jurnal Physiology and Behaviour juga menemukan adanya hubungan antara diabetes, khususnya kondisi hipoglikemia, dengan peningkatan rasa mengidam karbohidrat. Menurut studi, orang dengan kondisi hipoglikemia atau gula darah rendah, cenderung lebih sering mencari makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi.

Selain mengidam karbohidrat, diabetes tipe 2 juga dapat memunculkan beberapa gejala lain. Gejala tersebut meliputi peningkatan frekuensi berkemih, rasa haus terus-menerus, rasa lapar berlebihan, kelelahan atau kurang energi, pandangan kabur, luka sulit sembuh, penurunan berat badan tanpa sebab, dan rasa kesemutan atau kebas di tangan atau kaki.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi