Jumat, 26/04/2024 - 07:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Cara Manjur Redakan Tangisan Bayi Saat Tumbuh Gigi

ADVERTISEMENTS

Bayi bisa susah tidur malam ketika tumbuh gigi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Dalam masa pertumbuhannya, bayi akan mengalami tumbuh gigi. Menurut dokter anak Judith Hoffman, tumbuh gigi biasanya akan mengganggu tidur bayi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Lalu, bagaimana cara menenangkan bayi yang kesulitan tidur saat tumbuh gigi? Hoffman mengatakan gigi susu mulai tumbuh secara bertahap antara usia empat hingga tujuh bulan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Sebagian besar anak memiliki satu set gigi susu yang lengkap pada saat mereka mencapai usia dua hingga tiga tahun. Bayi sering mengalami ketidaknyamanan saat giginya tumbuh menyembul melalui gusi sehingga dapat menyebabkan kerewelan di malam hari.

ADVERTISEMENTS


Bayi Anda akan mengalami sulit tidur, begitu juga Anda. Bayi juga akan tidur lebih banyak saat tidur siang dan di malam hari.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Makin Banyak yang Kena Kanker di Usia Muda, Mengapa Orang Zaman Sekarang Lebih Berisiko?


“Itu karena tumbuh gigi sering membuat mereka lebih rewel dan mudah menangis, hal yang bisa membuat mereka lelah,” ungkap dr Amanda Stovall, seorang dokter anak di Springfield Clinic, seperti dilansir dari laman Insider, Rabu (14/9/2022).

Gejala tumbuh gigi dapat dimulai hingga seminggu sebelum gigi erupsi dan cenderung berlangsung selama beberapa hari sesudahnya. Mengingat dibutuhkan waktu sekitar satu pekan untuk erupsi gigi, Anda mungkin akan melihat beberapa gangguan tidur hingga dua pekan dengan setiap gigi baru, menurut Hoffman.

Tanda-tanda tumbuh gigi

Gangguan tidur dan gampang rewel bukan satu-satunya cara untuk mengetahui kemungkinan bayi Anda sedang tumbuh gigi. Ada sejumlah gejala lain, misalnya air liur berlebihan dan ruam air liur di wajah atau leher bayi.

Berita Lainnya:
Water Vapor Thermal Therapy Bantu Penyembuhan Pembesaran Prostat

Gejala lainnya seperti peningkatan menggigit tangan atau benda lain. Area pada gusinya meradang atau bengkak dan adanya peningkatan suhu tubuh hingga 38 derajat Celsius.

Ingatlah bahwa tumbuh gigi dapat menyebabkan sedikit peningkatan suhu tubuh, tetapi tidak menyebabkan demam sedang atau tinggi. Hubungi dokter anak anak Anda jika bayi Anda berusia tiga bulan atau lebih muda dan memiliki suhu lebih tinggi dari 38 derajat Celsius. Atau bayi Anda berusia lebih dari tiga bulan dan memiliki suhu lebih tinggi dari 39 derajat Celsius.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi