Minggu, 05/05/2024 - 07:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

PLN Beberkan Upaya Akselerasi Transisi Energi di SOE Conference

ADVERTISEMENTS

Akselerasi transisi energi tidak hanya pembangkit namun juga sektor transportasi

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — PT PLN (Persero) berkomitmen penuh melakukan transisi energi. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan upaya ini dilakukan perusahaan dalam memastikan generasi selanjutnya memiliki masa depan yang lebih baik.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


“Jadi yang PLN lakukan adalah mengurangi efek gas rumah kaca dan PLN berkomitmen melakukannya. Ini bukan karena perjanjian kerja sama internasional, bukan juga karena kebijakan, tapi karena peduli,” ujar Darmawan saat menjadi pembicara dalam SOE International Conference atau Konferensi Internasional BUMN di sesi diskusi panel di Nusa Dua, Bali, Selasa (18/10).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Dalam mewujudkan hal tersebut, lanjut Darmawan, PLN telah menyiapkan sejumlah rencana jangka pendek dan panjang. Darmawan mengatakan tingkat emisi di sektor listrik saat ini mencapai 40 juta metric ton dan akan terus meningkat hingga 2.900 juta metrik ton pada 2060 jika tidak ada upaya untuk mengurangi emisi.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Toyota: Sertifikasi Pekerja untuk Memperoleh Upah Lebih Tinggi


Darmawan menyampaikan PLN juga terus meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) yang terbukti mampu mengurangi emisi hingga 50 persen.”Apakah ini cukup, tidak. Kami mendesain dengan menambah 20,9 GW kapasitas yang mana 51,6 persen tambahan pembangkit berasal dari EBT. Ini memang tantangan yang berat, tapi kami akan lakukan,” lanjut Darmawan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Darmawan menyebut PLN juga telah meluncurkan program carbon neutral pada 2060. Ia mengatakan PLN pun memetakan setiap potensi EBT, baik matahari, air, angin, hingga geothermal.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


“Kami harus memastikan sumber energi terbarukan ini bisa menggantikan pembangkit yang lama,” ungkap dia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


Darmawan menyampaikan PLN tentu tidak mampu menangani dampak perubahan iklim sendirian. Ia menilai perlu adanya kolaborasi dengan berbagai pihak.

Berita Lainnya:
Puncak Mudik, Airnav Layani Ribuan Penerbangan Sehari di Bandara Soekarno-Hatta


“Jadi ini bukan juga soal transisi energi saja, tapi bagaimana juga menciptakan lapangan pekerjaan, penciptaan nilai tambah, dan ratusan ribu masyarakat akan terlibat dalam hal ini,” sambungnya.


Darmawan mengatakan perusahaan juga mengalihkan penggunaan energi di sektor transportasi, dari BBM ke listrik. PLN, ucap Darmawan, memfasilitasi dan bekerja sama dengan para pelaku industri otomotif untuk bertahap beralih ke kendaraan listrik.


“Kami fasilitasi infrastruktur dari SPKLU dan home charging, lalu kerja sama juga dengan Grab. Kita coba perluas market yang ada kami juga memiliki aplikasi PLN mobile dan banyak kerja sama lainnya untuk memfasilitasi gaya hidup yang baru ini ke depannya. Begitu juga dengan Pertamina, IBC, dan BUMN lain kami saling mendukung dan berkolborasi untuk masa transisi energi ini,” kata Darmawan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi