IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Aceh Peringkat Delapan MTQ Nasional XXIX di Kalsel

Aceh Peringkat Delapan MTQ Nasional XXIX di Kalsel
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

BANJAR – Kafilah Aceh berhasil meraih peringkat delapan pada Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke XXIX 2022 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Peringkat ini memenuhi target yang ditetapkan Pemerintah Aceh.

Ketua Kafilah Aceh, EMK Alidar, mengaku bersyukur Provinsi Aceh pada MTQ Nasional tahun 2022 di Kalimantan Selatan dapat memperbaiki peringkat yang sebelumnya turun jauh di MTQ Nasional ke-29 di Padang, Sumatera Barat.

Menurut Alidar, capaian masuk 10 besar ini menjadi suatu kebanggan bagi Aceh. Hasil ini sekaligus memenuhi target Kafilah Aceh untuk masuk 10 besar.

“Alhamdulillah di MTQ Nasional ini kita memperoleh hasil yang sudah ditargetkan sebelumnya,” kata EMK Alidar, Rabu (19/10/2022).

BACA JUGA:
DKP Aceh Bersama DPRA Bagikan Paket Olahan Ikan pada Kegiatan Gemarikan di Aceh Besar

Kepala Dinas Syariat (DSI) Aceh ini juga menyebutkan bahwa hasil ini juga menorehkan catatan sejarah baru bagi Aceh, di mana Cabang Khattil Quran untuk pertama kalinya berhasil meraih juara 1 di MTQ Nasional.

“Iya benar, kita belum pernah meraih juara sebelumnya di cabang ini,” ujar EMK Alidar.

Dia menuturkan, bahwa hasil kemenangan ini juga tak terlepas dari semangat para peserta untuk berlatih serta doa dukungan dari Penjabat (Pj) Gubernur Aceh dan masyarakat seluruh Aceh.

Pengumuman pemenang ini sekaligus penutupan MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 yang secara resmi ditutup langsung oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Zainut Tauhid Sa’adi, di Astaka Kiram Park, Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa, 18 Oktober 2022 malam.

Berdasarkan putusan dewan hakim MTQ Nasional 2022 Nomor 05/KEP.DH//MTQN/XXIX/2022, Provinsi Aceh masuk dalam peringkat 10 besar nasional. Provinsi Aceh berada di peringkat delapan dengan nilai 12, sama dengan Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:
Qanun Jinayat Berlabuh di Kemendagri, Komisi I Minta Fasilitasi Dipercepat

Sedangkan juara umum diraih oleh Kafilah Jawa Timur dengan total nilai 87, peringkat kedua ada DKI Jakarta nilai 66, dan tuan rumah Kalimantan Selatan diposisi ketiga dengan nilai 62.

Tim kaligrafi Aceh mencatat sejarah pada ajang MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 di Kalimantan Selatan. Memberangkatkan 8 peserta, tim kaligrafi Aceh sukses membawa pulang 6 trophy juara golonganputri dan putra.

Adapun perincian juara yang diraih tim kaligrafi adalah, juara 1 Golongan Kaligrafi Kontemporer Putri (Ahsanu Amala), juara 2 Golongan Hiasan Mushaf Putra (Syeh Marzawi) dan juara 3 Golongan Kontemporer Putra (Edi Asnawi).

Serta tiga juara harapan, yaitu Rochimin (Harapan 1 Khattil Quran Dekorasi Putra), serta Zunfikhriah (Harapan 2 Khattil Quran Dekorasi Putri), dan Thursina (Harapan 2 Khattil Quran Hiasan Mushaf Putri).

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Aceh Peringkat Delapan MTQ Nasional XXIX di Kalsel
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!