Jumat, 26/04/2024 - 23:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Survei Indekstat Catat Elektabilitas Ganjar Teratas

ADVERTISEMENTS

Elektabilitas Ganjar disusul oleh Prabowo dan Anies.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Indekstat Research and Data Science merilis hasil survei terkait opini publik terhadap sosok-sosok yang berpotensial menjadi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih menjadi sosok dengan elektabilitas teratas.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Dalam simulasi tertutup 12 nama, Ganjar berada di urutan pertama dengan elektabilitas sebesar 27,2 persen. Disusul Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (21,5 persen) dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (17,0 persen).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Ketika diuji dalam simulasi tertutup 12 nama, elektabilitas Ganjar Pranowo meningkat,” ujar Deputi Eksekutif Direktur Indekstat Research and Data Science, Rikola Fedri dalam di Hotel Morrisey, Jakarta, Ahad (6/11/2022).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
MK Tak Akan Berani Kabulkan Permohonan Paslon 1 dan 3

Setelah itu ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (8,3 persen), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (4,3 persen), dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (3,1 persen). Berikutnya adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (2,7 persen) dan Ketua DPR Puan Maharani (2,3 persen).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Empat nama terakhir adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Muhaimin Iskandar (1,4 persen) dan Menteri BUMN Erick Thohir (0,9 persen). Kemudian Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (0,2 persen) dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (0,2 persen).

“Undecided voters sebanyak 11,1 persen. (Menyatakan) Rahasia 3,0 persen,” ujar Rikola.

Selanjutnya, tiga nama teratas diadu elektabilitasnya dan Ganjar tetap yang tertinggi dengan 35,5 persen. Urutan kedua ada Menteri Pertahanan Prabowo (28,2 persen) dan Anies dengan elektabilitas sebesar 24,7 persen.

Berita Lainnya:
Hotman Klaim Prabowo-Gibran De Facto Menang 12-0

“Undecided voters berada di angka 11,6 persen. Dapat disimpulkan jika pemilihan presiden dilakukan hari ini, pemilihan akan dilakukan dengan dua putaran,” ujar Rikola.

Indekstat Research and Data Science melakukan survei pada 10 hingga 19 Oktober 2022. Dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang yang ditentukan secara proporsional dan proporsi imbang antara responden laki-laki dan perempuan.

Metode wawancara dilakukan secara tatap muka oleh enumerator terlatih. Adapun survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar kurang lebih 2,8 persen.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi