Sabtu, 27/04/2024 - 05:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Ukraina Klaim Rebut Puluhan Kota di Selatan dari Rusia

ADVERTISEMENTS

Rusia menarik pasukannya dari wilayah Kherson.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 KYIV — Pasukan Ukraina mengeklaim telah merebut lusinan kota yang berada di selatan negaranya dari pasukan Rusia. Pengumuman tersebut disampaikan setelah Moskow menyatakan penarikan tentaranya dari ibu kota wilayah Kherson, Kota Kherson.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Dilansir dari Reuters, ada indikasi bahwa pasukan Ukraina semakin dekat ke kota Kherson pada Kamis (10/11/2022) malam. Hal tersebut diungkapkan seorang analis militer Ukraina dan komentator media.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengatakan, minimal memerlukan satu minggu bagi Rusia untuk menarik pasukannya dari Kota Kherson. Rusia sendiri masih memiliki 40 ribu tentara di wilayah tersebut, dan intelijen menunjukkan pasukannya tetap berada di dalam.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Tiga Orang Rusia Terjun Payung dari Stratosfer ke Kutub Utara 


Sementara itu, Rusia telah mengumumkan bahwa mereka akan menarik diri dari tepi barat Dnipro yang mencakup Kherson. Satu-satunya ibu kota regional yang telah direbut Moskow sejak menginvasi Ukraina pada Februari.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Penarikan itu akan menjadi yang ketiga kalinya bagi pasukan Ukraina yang telah mendorong mundur Rusia. Kemudian pada September, pasukan Ukraina kembali mengusir pasukan pendudukan Rusia dari wilayah timur laut Kharkiv.


Provinsi Kherson sendiri adalah salah satu dari empat provinsi yang diklaim telah dicaplok oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir September. Sebagian besar wilayah negara yang disebut sebagai ilegal.

Berita Lainnya:
AS Diam-diam Kirim Rudal Jarak Jauh ke Ukraina


Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyambut baik berita penarikan Rusia pada hari Rabu. “Saya tidak berpikir konflik akan diselesaikan sampai Putin keluar dari Ukraina,” ujar Biden kepada wartawan di Gedung Putih.


Kota Kherson berada dalam jangkauan artileri Ukraina dan patroli pengintaian terdekat Ukraina. Berjarak kurang dari 18 km atau 11 mil dari kota, kata analis militer Ukraina Yuri Butusov lewat aplikasi pesan Telegram.


“Pasukan Ukraina mencoba masuk ke Kherson di pundak musuh yang mundur,” katanya. “Di daerah penyeberangan sungai, di mana pasukan Rusia terkonsentrasi, baku tembak terjadi.”


 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi