Selasa, 28/05/2024 - 21:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

4 Aktivitas Bantu Perkembangan Emosi Anak Usia Dini

Bermain Peran (Roleplay) Orang tua dapat mengajak anak untuk bermain peran dalam momen-momen kebersamaan di rumah dan/atau saat liburan. Bermain peran dengan mengangkat kisah yang memiliki nilai moral, misalnya kancil dan buaya, dapat mendorong pengembangan dan optimalisasi emosional kognitif dalam otak anak.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Dari sesi bermain peran tersebut, seiring waktu, akan mendorong pengembangan proses emosional kognitif di dalam otak anak dan kisah itu lebih terekam sebagai landasan moral dalam diri anak (tanpa kita sadari),” kata Kanaya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/12/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Bermain Tebak Ekspresi (Facial Expression Play)

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Bermain tebak ekspresi bersama anak juga dapat menjadi salah satu aktivitas yang secara bertahap mengoptimalkan perkembangan emosi anak usia dini. Dengan bermain tebak ekspresi, orang tua dapat mengenalkan ekspresi-ekspresi keseharian sebagai manusia. Anak akan belajar memahami cara mengekspresikan diri mereka dengan baik.

Berita Lainnya:
Kurangi Konsumsi Kafein Saat Menghadapi Cuaca Panas

“Bermain tebak ekspresi dapat membantu anak untuk dapat belajar mengekspresikan diri mereka dengan baik. Mereka bisa berekspresi tidak perlu marah atau menangis,” ujar Kanaya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Memasak Bersama dan Berbagi Masakan

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Salah satu cara mengoptimalkan perkembangan emosi anak usia dini adalah mengajak melakukan kegiatan memasak bersama, kemudian berbagi masakan yang dibuat itu kepada tetangga, panti asuhan, dan sebagainya.

ADVERTISEMENTS

“Hal ini tentu secara perlahan akan menumbuhkan empati dalam dirinya,” kata Kanaya.

ADVERTISEMENTS

Cari dan Temukan Benda Bersama

Berita Lainnya:
Kepala BKKBN Sebut ASI yang Dibekukan Lebih Baik dari ASI Bubuk

Di aktivitas keempat, orang tua dan anak dapat melakukan aksi mencari benda bersama. Aktivitas ini tentu mendorong anak membangun interaksi dengan orang lain atau anggota keluarga lain.  

“Permainan ini sangat menarik, anak-anak akan mau tidak mau harus keluar dari sebuah ruangan dan berjalan-jalan mencari benda,” ujar dia.

Kanaya mengatakan masih banyak sekali aktivitas seru yang dapat dilakukan anak dan orang tua di rumah untuk memperkuat ikatan anak dan orang tua, serta mengoptimalkan perkembangan emosional anak usia dini. Walau terlihat seperti bermain, tetapi proses ini dipenuhi banyak manfaat positif pada anak dalam perkembangan emosinya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi