Jumat, 24/05/2024 - 04:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Tugu, Transformasi Era Digital, dan Kepastian Klaim Konsumen

Tugu satu-satunya industri asuransi di Indonesia yang punya rating internasional.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Zaman terus berubah. Begitu juga dengan tantangan. Ditambah pandemi Covid-19 datang. Pilihannya cuma dua: bertahan atau mengikuti perubahan. Tugu Insurance pun tidak tinggal diam menyikapi keadaan. Sebagai perusahaan asuransi yang sudah beroperasi 41 tahun, memilih beradaptasi dengan perubahan.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan konsep digitalisasi di semua layanan. “Covid-19 efeknya luar biasa bagi perekonomian. Tugu bukan hanya survive, tapi juga bisa membentuk fondasi baru bagi pertumbuhan berikutnya,” kata Presiden Direktur Tugu Insurance, Tatang Nurhidayat di acara ‘tiTalks: Inovasi akses layanan Tugu Insurance pada usia ke-41’ dikutip Republika.co.id di Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Menurut Tatang, pandemi mendorong perubahan besar dalam layanan perusahaan. Selain karena era digitalisasi semakin tidak terelakkan, juga langkah transformasi memaksa harus dilakukan dari dalam. Hal itu ditandai dengan hadirnya produk baru, cara melayani dan komunikasi dengan konsumen, maupun layanan prosedur klaim, yang berubah drastis dibandingkan tahun sebelumnya.

Alhasil, muncul produk-produk terkini, semacam T-Drive, T-Ride, T-Fracture, hingga T-Travella yang mampu menjawab kebutuhan konsumen dengan dinamika terkini. Misalnya, jika ada calon penumpang pesawat ingin keluar negeri dan harus mengurus asuransi perjalanan secara dadakan maka prosesnya cukup simpel.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dengan mendaftarkan diri lewat aplikasi, pelanggan bisa langsung terdaftar sebagai peserta T-Travella setelah membayar iuran yang ditentukan. Prosesnya sangat mudah dan bisa dilakukan lewat ponsel sleama 24 jam nonstop tanpa perlu bertemu petugas atau datang ke kantor.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Dirjen IKP: Masuknya Starlink Dorong Operator Lokal Tingkatkan Layanan

Produk yang menyasar retail tersebut menjadi bagian transformasi PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk yang tidak lagi fokus hanya menyasar pasar korporat. Dengan juga mempromosikannya ke individu maka manfaat asuransi yang selama ini ditawarkan Tugu Insurance tidak lagi dirasakan segelintir kalangan, melainkan seluruh lapisan masyarakat.

Tatang menyampaikan, baik konsumen korporat maupun retail yang ingin mendaftar dan mendapatkan manfaat asuransi dari Tugu Insurance kini semua prosesnya sudah melalui digital. Tidak perlu lagi membawa dokumen untuk melengkapi berkas. Bahkan, proses klaim juga serba digital dan antiribet.

ADVERTISEMENTS

“Proses support digitalisasi ini mempermudah proses, mempercepat SLA (service level agreement), memberi transparansi lebih. Intinya meningkatkan costumer experience. Kemudahan kenyaman bisa dirasakan costumer,” kata Tatang.

ADVERTISEMENTS

Semua itu dilakukan emiten TUGU tersebut dengan orientasi ingin memberikan pengalaman berkesan bagi konsumen. Tatang menambahkan, terobosan lain yang dijalankan adalah memperluas jangkauan dengan membuka outlet di mal atau pusat perbelanjaan.

Langkah mendekatkan diri kepada konsumen itu untuk menawarkan konsep one stop shopping. Ketika konsumen berbelanja atau sekadar jalan-jalan maka mereka bisa langsung mengunjungi gerai untuk mendaftar layanan asuransi.

Berita Lainnya:
BP Jamsostek Catat Investasi pada kuartal I-2024 Senilai Rp 12,31 Triliun

Menurut dia, kebijakan itu bukan sebuah pilihan, melainkan upaya perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Dengan begitu, perusahaan yang berstatus anak usaha PT Pertamina tersebut bisa terus meraih capaian lebih tinggi ke depannya.

“Kunggulan kita, banyak akses partner digital, punya portal digital, ada tenaga pemasar, punya point of sale, outlet, kerja sama banking, call center, dan kantor ada di mana-mana. Mudah diakses baik saat pembelian maupun saat klaim,” ucap ketua umum Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) tersebut.

Tatang menjelaskan, perusahaan yang digawanginya memiliki tiga keunggulan dibandingkan kompetitor, yaitu finansial solid, mempunyai rekam jejak baik, dan menawarkan layanan prima. Selain itu, produk dan fitur yang ditawarkan sangat beragam, mencapai ratusan jenis yang semuanya terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pun dengan tingkat risk based capital (RBC) perseroan di angka 451,73 persen, yang sangat jauh dari ketentuan batas minimum yang ditetapkan OJK sebesar 120 persen. Tidak hanya itu, sambung dia, Tugu Insurance juga memiliki rating internasional A- (Excellent) dari A.M. Best.

Capaian itu menempatkan perusahaan sebagai satu-satunya perusahaan asuransi nasional di Indonesia yang mendapatkan pengakuan global. Sehingga, dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan maka Tugu Insurance bisa memberikan jaminan keamanan dan kepuasan bagi pelanggan.

Keungan sehat

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi