IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Netanyahu Bela Kunjungan Menterinya ke Masjid Al Aqsa.

Netanyahu Bela Kunjungan Menterinya ke Masjid Al Aqsa.

AS meminta Netanyahu menjaga komitmennya terhadap status quo Masjid Al Aqsa.

TEL AVIV — Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membela Menteri Keamanan Nasionalnya Itamar Ben-Gvir atas tindakannya memasuki kompleks Masjid Al Aqsa dengan perlindungan ketat pasukan Israel. Otoritas Palestina menyebut tindakan Ben-Gvir sebagai invasi Masjid Al Aqsa.

Seorang pejabat di kantor PM Israel menyampaikan, Netanyahu kembali berkomitmen penuh pada status quo situs yang telah berusia puluhan tahun yang hanya mengizinkan ibadah Muslim di sana.

“Tur Ben-Gvir di sekitar halaman Masjid Al Aqsa sesuai dengan pengaturan yang memungkinkan non-Muslim berkunjung, tetapi tidak beribadah,” kata pejabat tersebut, seperti dikutip dari Middle East Monitor, Kamis (5/1/2023).

Beberapa menteri Israel, kata pejabat itu, selama beberapa tahun terakhir juga telah memasuki Masjid Al Aqsa, termasuk mantan Menteri Keamanan Nasional Israel Gilad Erdan. “Klaim perubahan status quo tidak berdasar. Hamas tidak akan mendikte apa yang akan kami lakukan,” kata dia.

BACAAN LAIN:
Umat Islam adalah Aktor Perdamaian, Ini Ketentuannya Menurut KH Afifuddin Muhadjir

 

Namun, kunjungan Ben-Gvir ke Tempat Suci Al-Aqsa memicu kecaman lokal, regional dan internasional, bahkan dari sekutu dekat Israel. Dewan Keamanan Nasional AS menegaskan untuk mempertahankan status quo tempat-tempat suci di Yerusalem.

Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional AS menyampaikan, AS meminta Netanyahu untuk menjaga komitmennya terhadap status quo tempat-tempat suci itu. “Amerika Serikat dengan tegas mempertahankan status quo sehubungan dengan tempat-tempat suci di Yerusalem. Setiap tindakan sepihak yang membahayakan status quo tidak dapat diterima,” kata juru bicara tersebut.

BACAAN LAIN:
Masuk Abad Ke-2, Wapres: NU Harus Perkuat Umat Menghadapi Berbagai Masalah

Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir memasuki halaman Masjid Al-Aqsa dengan perlindungan pasukan pendudukan Israel pada Selasa (3/1/2023). Kompleks Al-Aqsa telah dikelola secara turun temurun selama ratusan tahun oleh umat Islam di bawah wakaf keagamaan.

Wakaf yang didanai Yordania terus mengelola situs tersebut sejak 1967, sementara Israel memegang kendali keamanan. Di bawah kesepakatan lama, status quo Al-Aqsa hanya mengizinkan Muslim menunaikan sholat. Sedangkan kunjungan non-Muslim hanya diizinkan pada waktu tertentu.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Netanyahu Bela Kunjungan Menterinya ke Masjid Al Aqsa.
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!