Selasa, 30/04/2024 - 06:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Benarkah Yoga Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

ADVERTISEMENTS

Ada jenis yoga seperti power yoga dan vinyasa membuat tubuh terus bergerak.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Yoga identik dengan manfaat terhadap kesehatan mental, seperti mindfulness atau kesadaran sini-kini. Di samping itu, yoga ternyata juga dapat membantu menurunkan berat badan, yang sudah dibuktikan lewat penelitian.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menurut studi tersebut, yoga bisa memicu beragam efek perilaku, fisik, dan psikososial, yang menjadikannya alat yang berguna untuk menurunkan berat badan. Faktanya, memang ada jenis yoga yang lebih intensif secara fisik daripada yang lain. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Umumnya, yoga tidak dianggap sebagai latihan aerobik. Saat melakukan yoga, tubuh cenderung tidak cukup bergerak untuk meningkatkan pernapasan, detak jantung, dan aliran darah secara signifikan. Padahal, semua itu dapat membantu membakar kalori dengan cepat.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Imunitas Tubuh Kuat Bisa Cegah Orang Tertular Flu Singapura

Namun, ada jenis yoga seperti power yoga dan vinyasa membuat tubuh terus bergerak. Biasanya, yoga jenis ini dilakukan di studio yoga panas, yang selanjutnya meningkatkan detak jantung dan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Instruktur yoga dan meditasi dari aplikasi kebugaran WithU Training, Danielle Wills, sepakat bahwa yoga bisa saja dimanfaatkan untuk tujuan penurunan berat badan. Menurut Wills, yoga dapat membantu mengatur sistem saraf dalam tubuh.

“Ini memungkinkan sistem pencernaan memproses makanan dengan baik, meningkatkan kalori yang dibakar saat istirahat, dan membantu tingkat energi untuk tetap dalam kondisi terbaiknya,” ungkap Wills, dikutip dari laman Patient.info, Sabtu (7/1).

Berita Lainnya:
Apakah Kidsfluencer Bentuk Eksploitasi Anak? Ini Penjelasan Psikolog

Mempraktikkan seni mindfulness melalui yoga juga bisa menjadi alat yang berguna untuk manajemen berat badan. Studi menunjukkan bahwa pelatihan mindfulness yang berfokus pada koneksi pikiran dan tubuh, dapat membantu mencegah perilaku makan berlebihan. 

Wills menjelaskan, mindfulness pada intinya adalah kesadaran penuh atas tubuh dan pikiran. Seseorang bisa menghikmati waktu dan aktivitasnya tanpa terdistraksi oleh hal lain,  menjadi teman bagi diri sendiri, juga mendengarkan dan mengenali kebutuhan diri.

“Seringnya, seseorang tidak terbiasa mendengarkan kebutuhan diri yang sebenarnya dan ketika mengabaikan tanda-tanda ini, sistem saraf menjadi tidak sinkron. Dia akan melakukan sesuatu yang tidak mendukung kesehatan seperti melewatkan olahraga dan makan sembarangan,” ucap Wills.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi