IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Tak Lagi Pakai Dolar, Argentina dan China Sepakati Perjanjian Swap

Tak Lagi Pakai Dolar, Argentina dan China Sepakati Perjanjian Swap

China adalah mitra dagang terbesar kedua Argentina setelah Brasil.

BUENOS AIRES — Argentina dan China resmi memperluas kesepakatan pertukaran mata uang. Dikutip dari Reuters, Ahad (8/1/2023), Bank Sentral Argentina mengungkapkan kesepakatan tersebut memungkinkan untuk meningkatkan cadangan mata uang asingnya yang habis.

Pemerintah Argentina perlu membangun kembali cadangan untuk menutupi biaya perdagangan dan pembayaran utang. Lebih banyak cadangan merupakan tujuan utama kesepakatan utang besar dengan Dana Moneter Internasional (IMF).

BACAAN LAIN:
Insentif Investasi IKN Disahkan Presiden Pekan Ini, Bahlil: 2024 Kami Pindah

Presiden Alberto Fernandez mengumumkan kesepakatan tersebut pada November 2022 dan mengatakan saat itu nilainya 5 miliar dolar AS. Kepala Bank Sentral Argentina dan China mengkonfirmasi bahwa kesepakatan pertukaran mata uang antara kedua institusi telah diaktifkan.

“Ada komitmen untuk memperdalam penggunaan (yuan China) di pasar Argentina,” kata bank sentral dalam sebuah pernyataan.

BACAAN LAIN:
BPJPH: 44 Negara Siap Kerja Sama Halal dengan Indonesia

 

China adalah mitra dagang terbesar kedua Argentina setelah Brasil dan tujuan terpenting kedua untuk ekspor Argentina. Swap terdiri dari pertukaran mata uang untuk penguatan cadangan internasional 130 miliar yuan dan aktivasi khusus 35 miliar yuan untuk mengkompensasi operasi di pasar valuta asing.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Tak Lagi Pakai Dolar, Argentina dan China Sepakati Perjanjian Swap
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!