Sabtu, 27/04/2024 - 00:26 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Myanmar Penjarakan 112 Orang Rohingya 

ADVERTISEMENTS

Semua orang dewasa dipenjara selama lima tahun.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

NAYPYITAW — Myanmar menjebloskan 112 orang, termasuk 12 anak-anak dari etnis minoritas Rohingnya. Mereka dipenjara setelah tertangkap berusaha meninggalkan negara tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Surat kabar pemerintah, Global New Light of Myanmar, Selasa (10/1/2023) mengutip polisi setempat, melaporkan, pengadilan di Bogale, wilayah selatan Ayeyarwady, menghukum 112 warga Rohingya itu pada 6 Januari.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Mereka ditangkap pada  Desember setelah ditemukan di atas perahu motor tanpa dokumen resmi. Dilaporkan Aljazirah, Selasa (10/1), dari 12 anak lima di antaranya berusia di bawah usia 13 tahun dan dihukum dua tahun penjara.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Irak Peringatkan Bahaya Eskalasi Militer di Konflik Israel-Iran

Anak-anak yang berusia lebih tua, dihukum tiga tahun penjara. Mereka dipindahkan ke “sekolah pelatihan pemuda” pada Senin (9/1). Sedangkan semua orang dewasa dipenjara selama lima tahun.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Etnis Rohingya, yang sebagian besar  Muslim, ditolak kewarganegaraan dan hak-hak dasar lainnya di Myanmar. Myanmar mengeklaim Rohingya merupakan “migran ilegal” dari Asia Selatan. Ratusan ribu Rohingya lari dari Myanmar ke Bangladesh pada 2017.

Eksodus dilakukan setelah militer Myanmar melakukan perlakuan kejam terhadap Rohingya. Masih banyak Rohingya tetap di Myanmar tetapi mereka dikurung di kamp-kamp dengan penjagaan ketat. Mereka tidak dapat bekerja, belajar, atau mendapatkan bantuan medis.

Berita Lainnya:
Delegasi Israel Berangkat ke Mesir untuk Negosiasi dengan Hamas Soal Pertukaran Sandera

Orang-orang Rohingya dari kamp pengungsi di Bangladesh maupun Myanmar berupaya melarikan diri meski menghadapi risiko tinggi melalui perjalanan laut berbahaya. Mereka biasanya melakukan perjalanan ke Malaysia dan Indonesia, negara mayoritas Muslim.

Setidaknya 185 orang Rohingya mendarat di Aceh akhir bulan lalu, setelah kapal mereka terombang-ambing di lautan selama berpekan-pekan. Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi mengatakan, Rohingya yang melakukan perjalanan berbahaya melalui lautan meningkat enam kali lipat pada 2022 dibandingkan 2021.

 

 

sumber : aljazirah

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi