Jumat, 26/04/2024 - 18:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Masih Kesulitan Bikin Poached Egg? Coba Trik Antigagal dari Chef TikTok Ini

ADVERTISEMENTS

Poached egg yang sempurna tidak memiliki juntaian kasar dari putih telurnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Kesalahan bisa dengan mudah terjadi dalam proses memasak telur rebus tanpa kulit alias poached egg. Ketika kesalahan terjadi, telur yang sedang direbus akan tampak menyebar dan berantakan di dalam panci.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pastry chef sekaligus pengguna TikTok dengan akun @half_batch_baking mengungkapkan sebuah rahasia ilmiah dalam membuat poached egg yang sempurna. Chef tersebut menjelaskan bahwa putih telur dikenal pula sebagai albumen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Ada bagian luar albumen yang lebih cair yang terletak dekat cangkang dan albumen dalam yang lebih tebal dan berfungsi untuk menjaga kuning telur,” jelas chef tersebut, seperti dilansir Express, Ahad (5/2/2023).

ADVERTISEMENTS

Pada telur yang berkualitas, albumen dalam atau inner albumen tak terlalu cair sehingga tidak akan menyebar terlalu luas. Untuk membuat poached egg yang sempurna tanpa ada bagian telur putih yang menjuntai-juntai, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuang bagian albumen luar yang tipis dan cair.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Anak Muntahkan Sirup Obat Demam, Bagaimana Cara Melengkapi Dosisnya?

Untuk melakukan hal tersebut, ada satu alat yang perlu digunakan yaitu saringan halus atau saringan dengan lubang yang sangat kecil. Pecahkan telur dan tuangkan ke atas saringan. Karena lubangnya yang sangat kecil, bagian telur yang akan keluar dari saringan hanya bagian albumen luar yang cair.

“Albumen yang lebih tebal dan kuning telur akan tetap (di atas saringan), pindahkan telur tersebut ke dalam mangkuk kecil,” kata chef tersebut.

Selanjutnya, siapkan saucepan atau panci dan isi dengan empat cangkir air. Tambahkan pula satu sendok makan cuka ke dalamnya.

“Rebus air hingga mendidih dan kemudian ubah apinya menjadi api kecil,” ujar chef tersebut.

Langkah berikutnya, masukkan telur ke dalam panci secara perlahan. Chef pemilik akun @half_batch_baking ini biasanya menggunakan ladle atau sendok sayur untuk memasukkan telur ke dalam air di panci.

Berita Lainnya:
Menkes: Edukasi Ibu Rumah Tangga Penting dalam Penanganan Arbovirus

Bila menginginkan poached egg yang lembut, cukup rebus telur selama tiga menit di dalam panci. Sedangkan bila menginginkan poached egg lembut dan sedikit lebih padat atau kokoh, rebus telur selama empat menit.

Selanjutnya, angkat dan sisihkan telur dari panci. Bila dibelah, poached egg ini akan memiliki kuning telur yang “meleleh” sempurna dengan putih telur yang halus tanpa ada juntaian-juntaian kasar.

Banyak warganet yang terkesima saat melihat hasil poached egg buatan sang chef di akun @half_batch_baking. Beberapa warganet menyebut poached egg tersebut memiliki bentuk yang sempurna. Ada pula yang langsung meniru trik dari akun @half_batch_baking dan berhasil.

“Baru saja membuat poached egg pertama saya menggunakan video Anda, sangat mudah,” tulis seorang warganet.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi