Rabu, 01/05/2024 - 03:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Teleskop Webb Tangkap Penampakan Baru, Apa Itu?

ADVERTISEMENTS

Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA telah menangkap detail yang belum pernah dilihat sebelumnya di wilayah ruang angkasa yang dikenal sebagai Pandora

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA—Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA telah menangkap detail yang belum pernah dilihat sebelumnya di wilayah ruang angkasa yang dikenal sebagai Pandora’s Cluster.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Gambar medan baru dari observatorium menampilkan tiga kelompok galaksi yang bersatu membentuk megacluster. Massa gabungan dari gugus-gugus tersebut menciptakan lensa gravitasi, yang memungkinkan para ilmuwan untuk mengamati galaksi-galaksi yang lebih jauh di awal alam semesta. Inti pusat klaster sebelumnya telah dipelajari secara rinci oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dengan menggunakan Webb dan instrumen infra merah yang kuat, beserta tampilan mosaik dari berbagai area pelensaan di kawasan itu, para astronom bertujuan untuk mencapai keseimbangan luas dan dalam. Tim astronot akan membuka perbatasan baru dalam studi kosmologi dan evolusi galaksi.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Belum Punah? Indonesia Cari Lebih Banyak Bukti Harimau Jawa Masih Ada di Alam Liar

Tampilan baru menyatukan snapshot Webb dalam gambar panorama, menampilkan sekitar 50 ribu sumber cahaya inframerah-dekat. Khususnya, pelensaan gravitasi mendistorsi tampilan galaksi latar belakang, dan lensa gugus sangat masif sehingga membelokkan jalinan ruang itu sendiri.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Di kanan bawah gambar, yang belum pernah dicitrakan oleh Hubble, inti pelensaan berisi ratusan galaksi berlensa jauh yang tampak seperti garis lengkung samar pada gambar.

Klaster Pandora, seperti yang dicitrakan oleh Webb, menunjukkan kepada lensa yang lebih kuat, lebih luas, lebih dalam, dan lebih baik daripada yang pernah dilihat sebelumnya. Hal itu disampaikan Ivo Labbe, dari Swinburne University of Technology and co-principal investigator of the Ultradeep NIRSpec and NIRCam ObserVations, sebelum program Epoch of Reionization (UNCOVER), dalam sebuah pernyataan.

Berita Lainnya:
Kualitas Udara Jakarta tidak Sehat pada Sabtu Pagi

“Reaksi pertama saya terhadap gambar itu sangat indah, terlihat seperti simulasi pembentukan galaksi. Kami harus mengingatkan diri sendiri bahwa ini adalah data nyata, dan kami sedang bekerja di era baru astronomi sekarang,” kata Labbe, seperti dikutip dari Fox News.

Tim Labbe menggunakan Near-Infrared Camera, atau NIRCam, untuk menangkap gugus tersebut, dengan total waktu pengamatan sekitar 30 jam. Langkah selanjutnya bagi tim adalah menelusuri data pencitraan dan memilih galaksi untuk pengamatan lanjutan dengan Near-Infrared Spectrograph (NIRSpec). 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi