Sabtu, 27/04/2024 - 03:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Inggris dan Uni Eropa Sepakat Selesaikan Sengketa Perdagangan pasca-Brexit

ADVERTISEMENTS

 LONDON — Inggris dan Uni Eropa (UE) menyepakati kesepakatan  untuk menyelesaikan sengketa perdagangan pasca-Brexit atas Irlandia Utara pada Senin (27/2/2023). Kedua pihak memuji kesepakatan itu sebagai awal dari babak baru dalam hubungan yang retak.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengumumkan ‘Kerangka Kerja Windsor’. Mereka menyetujui perincian akhir di Windsor dekat London, Inggris.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Apa yang telah kita capai hari ini adalah bersejarah,” ujar Von der Leyen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Von der Leyen menekankan bahwa pasar tunggal tanpa batas UE akan dilindungi oleh perlindungan termasuk akses TI, label, dan prosedur penegakan. Dia mengatakan, Pengadilan Eropa akan tetap menjadi satu-satunya wasit hukum UE.

ADVERTISEMENTS

Perjanjian itu akan memungkinkan barang mengalir bebas ke Irlandia Utara dari seluruh Inggris. Kesepakatan ini mengakhiri perselisihan yang telah memperburuk hubungan Inggris-UE, memicu runtuhnya pemerintah daerah yang berbasis di Belfast, dan mengguncang proses perdamaian Irlandia Utara yang telah berlangsung puluhan tahun. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sunak mengatakan aturan baru itu menghilangkan rasa perbatasan di Laut Irlandia dengan meniadakan pemeriksaan dan dokumen untuk sebagian besar barang yang memasuki Irlandia Utara. Hanya mereka yang ditakdirkan untuk melanjutkan perjalanan ke anggota UE Irlandia yang akan diperiksa.

Berita Lainnya:
Paus Fransiskus Minta Pemimpin Rundingkan Jalan Damai Ukraina-Gaza

Menurut Sunak, anggota parlemen Irlandia Utara akan dapat memblokir setiap perubahan pada undang-undang barang UE yang diterapkan pada mereka. Ketentuan ini dapat menggunakan mekanisme darurat berlabel “Rem Stormont” setelah dari Majelis Irlandia Utara.

“Perjanjian hari ini menghasilkan perdagangan yang lancar di seluruh Inggris Raya, melindungi tempat Irlandia Utara dalam serikat kami dan melindungi kedaulatan rakyat Irlandia Utara,” kata Sunak.

Menurut Sunak, anggota parlemen di Parlemen akan mendapatkan pemungutan suara untuk kesepakatan itu pada waktu yang tepat, tetapi tidak segera. Bahkan jika Sunak menghadapi jalan berbatu di dalam negeri, kesepakatan itu kemungkinan menandai peningkatan dramatis dalam hubungan dengan UE. 

Memperbaiki hubungan ini mengakhiri gangguan jangka panjang bagi von der Leyen dan merupakan kemenangan besar bagi Sunak. Namun ini bukan akhir dari masalahnya.

Menuguhkan kesepakatan itu ke Partai Konservatif Inggris dan sekutunya di Irlandia Utara mungkin merupakan perjuangan yang lebih berat. Sunak akan membuat pernyataan ke House of Commons kemudian menjelaskan rincian kesepakatan tersebut.

Berita Lainnya:
Uni Eropa dan Iran Bahas Serangan Israel Terhadap Konsulat di Suriah

Sekarang Sunak menunggu keputusan Partai Persatuan Demokratik Irlandia Utara yang memboikot pemerintah pembagian kekuasaan di kawasan itu. Irlandia Utara adalah satu-satunya bagian dari Inggris yang berbatasan dengan anggota UE, Republik Irlandia.

Ketika Inggris meninggalkan blok tersebut pada 2020, kedua belah pihak setuju untuk menjaga perbatasan Irlandia bebas dari pos bea cukai dan pemeriksaan lainnya. Area ini menjadi perbatasan terbuka dan pilar utama proses perdamaian Irlandia Utara.

Sebaliknya, ada pemeriksaan pada beberapa barang yang memasuki Irlandia Utara dari seluruh Inggris. Itu membuat marah politisi serikat pekerja Inggris di Belfast. Mereka mengatakan, perbatasan perdagangan baru di Laut Irlandia merusak tempat Irlandia Utara di Inggris.

Partai Persatuan Demokrat meruntuhkan pemerintah pembagian kekuasaan Protestan-Katolik Irlandia Utara setahun yang lalu. Tindakan ini sebagai protes dan menolak untuk kembali sampai aturan tersebut dihapus atau ditulis ulang secara substansial.

Pemimpin Partai Persatuan Demokrat Jeffrey Donaldson mengatakan, telah ada kemajuan yang signifikan. Namun masalah utama yang menjadi perhatian tetap ada. Dia mengatakan partai akan mempelajari detailnya sebelum menanggapi.

sumber : AP

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi