Jumat, 10/05/2024 - 15:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Bank Dunia Perkirakan Kerugian Gempa Suriah Capai Rp 78,086 Triliun

ADVERTISEMENTS

Orang-orang berjalan melewati bangunan yang runtuh setelah gempa dahsyat di kota Jinderis, provinsi Aleppo, Suriah, Kamis, 9 Februari 2023. Gempa yang menghancurkan ribuan bangunan itu merupakan salah satu yang paling mematikan di dunia dalam lebih dari satu dekade.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

 BEIRUT — Bank Dunia pada Jumat (3/3/2023) memperkirakan kerugian akibat gempa yang dialami oleh Suriah mencapai sekitar 5,1 miliar dolar AS atau setara Rp 78,086 triliun (kurs Rp 15.311 per dolar AS). Menurut data Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), gempa tersebut menewaskan sedikitnya 50.000 orang, termasuk sekitar 6.000 di Suriah.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Laporan Bank Dunia mengatakan, tingkat kerusakan akibat gempa di Suriah mencapai sekitar 10 persen dari produk domestik bruto negara itu. Provinsi Aleppo di Suriah utara adalah wilayah yang paling parah terkena dampak dan menyumbang 45 persen dari total kerusakan di Suriah dengan kerugian sekitar 2,3 miliar dolar AS.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Mengapa Pakistan yang Memiliki Nuklir Diam Saja Menonton Agresi Israel?
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Wilayah yang juga terkena dampak parah adalah wilayah yang dikuasai pemberontak di Suriah barat laut. Wilayah ini merupakan rumah bagi sekitar 4,6 juta orang. Sebagian besar dari mereka sebelumnya terlantar akibat perang Suriah.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Provinsi Aleppo dan Provinsi Idlib diperkirakan mengalami kerugian 1,9 miliar dolar AS. Sementara Latakia, wilayah yang dikuasai pemerintah mengalami kerugian 549 juta dolar AS.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Gempa bumi juga menambah segudang masalah lain di Suriah. Perang saudara selama hampir 12 tahun telah menewaskan hampir setengah juta orang dan menelantarkan setengah dari populasi pra-perang di Suriah sebesar 23 juta jiwa.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Badai Hebat Terjang Dubai, Bandara Tersibuk Dunia Lumpuh

Bank Dunia memperingatkan bahwa masih ada tingkat ketidakpastian yang signifikan seputar penilaian kerusakan. “Bencana tersebut akan menyebabkan penurunan aktivitas ekonomi yang selanjutnya akan membebani prospek pertumbuhan Suriah,” kata Kepala Bank Dunia untuk Timur Tengah, Jean-Christophe Carret.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Kerusakan yang dinilai dalam laporan tersebut termasuk di sektor perumahan dan non-perumahan, seperti kerusakan langsung pada bangunan dan struktur, serta kerusakan pada situs warisan budaya, yang sangat sulit untuk dikualifikasikan. Dalam laporan penilaian sebelumnya, Bank Dunia mengatakan, kerugian akibat gempa bumi bulan lalu diperkirakan mencapai 34,2 miliar dolar AS.

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi