Selasa, 30/04/2024 - 02:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pengamat: Publik Coba Membaca Siapa Penerus Jokowi?

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Basis pendukung Presiden Jokowi dinilai masih cukup besar. Persaingan untuk mendapat limpahan dari suara pemilih Jokowi pada 2024 akan berjalan ketat. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pengamat politik dari Algoritma Research and Consulting, Aditya Perdana merasa, semua masih menanti siapa yang digandeng Anies Baswedan untuk menjadi cawapres. Terdekat, ada nama-nama Agus Harimurti Yudhoyono dan Khofifah Indar Parawansa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Namun, dalam survei terakhir Algoritma turut menanyakan siapa yang dirasa layak meneruskan Presiden Jokowi? Anies Baswedan dianggap relatif bukan penerus Jokowi dan berada di posisi ketiga setelah Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Walaupun Anies sudah komentar, misal IKN itu amanat UU, maka harus dijalankan. Artinya, bahkan Anies yang dilabelkan kemungkinan besar tidak bisa meneruskan Pak Jokowi berusaha membangun narasi kalau dia akan menjadi penerus Pak Jokowi,” kata Aditya, Senin (6/3).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Keluar dari PDIP, Maruarar Mengaku Berproses Jadi Kader Gerindra

Saat ini, ia melihat, publik sedang membaca siapa sosok yang bisa menjaga dan meneruskan warisan dari Presiden Jokowi. Hal itu pula yang akan menentukan apa nantinya ada dua atau tiga pasangan capres-cawapres yang bertarung di Pilpres 2024.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Melihat peta hari ini, Koalisi Perubahan memang menjadi salah satu yang sudah cukup terlihat bentuknya dengan mengusung Anies Baswedan sebagai capres. Sekalipun, diprediksi bisa terganggu bila nanti AHY ditawarkan posisi Menpora.

Berita Lainnya:
Gim Free Fire Diminta Diblokir, Begini Komentar Kemenkominfo

Kemudian, ada Prabowo yang publik turut menunggu siapa yang akan digandeng sebagai cawapresnya. Walaupun memiliki peluang yang besar memenangkan pertarungan jika mengajak Ganjar, tapi akn sulit menentukan siapa yang jadi cawapres.

Ada pula kemungkinan Prabowo mengajak Airlangga Hartarto, dan menggandeng Anies Baswedan.

Lalu, ada Ganjar Pranowo yang jika diusung PDIP masih cukup mungkin ditempel ke Erick Thohir, Ridwan Kamil atau Sandiaga Uno.

“Artinya, Golkar, PPP, PAN kemungkinan koalisi yang bisa bergeser satu koalisi dengan koalisi lain, bisa bergeser antara dua koalisi tersebut,” ujar Aditya.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi