Jumat, 26/04/2024 - 11:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Raja Yordania Bahas Eskalasi Ketegangan Tepi Barat dengan Menhan AS

ADVERTISEMENTS

Raja Yordania Abdullah II menerima kunjungan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin di Amman, Ahad (5/3/2023). Mereka membahas sejumlah isu, termasuk tentang eskalasi ketegangan di Tepi Barat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

AMMAN – Raja Yordania Abdullah II menerima kunjungan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin di Amman, Ahad (5/3/2023). Mereka membahas sejumlah isu, termasuk tentang eskalasi ketegangan di Tepi Barat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Raja Abdullah II menyampaikan kepada Austin, lonjakan kekerasan di Tepi Barat mengancam stabilitas regional. “Ada kebutuhan untuk tenang dan mengurangi eskalasi di wilayah Palestina serta menghentikan langkah sepihak yang merusak stabilitas dan menggagalkan peluang mencapai perdamaian,” kata Istana Kerajaan Yordania dalam sebuah pernyataan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Tiga Hari Berjalan, Pejuang Palestina Lawan Serangan Israel di Nur Shams

Menurut Raja Abdullah II, upaya mewujudkan kesepakatan perdamaian Arab-Israel yang komprehensif berdasarkan solusi dua negara harus dipercepat. Selain soal Palestina, Raja Abdullah II juga menceritakan kekhawatirannya tentang tumbuhnya kubu milisi yang didukung Iran di Suriah selatan.

ADVERTISEMENTS

Menurut sejumlah pejabat Yordania, kubu milisi itu telah meningkatkan operasi penyelundupan narkoba melalui perbatasan Yordania guna mencapai pasar di Teluk. Terkait hal itu, Yordania menginginkan lebih banyak militer AS untuk meningkatkan keamanan di perbatasan mereka.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Yordania memiliki perbatasan sepanjang 375 kilometer dengan Suriah. Sejak terlibat dalam operasi militer di Suriah, Washington telah memberikan sekitar 1 miliar dolar AS kepada Yordania untuk mendirikan pos-pos perbatasan.

Berita Lainnya:
Dampak Perubahan Iklim dan Cuaca Ekstrem Menghantam Asia dengan Keras

Sementara itu, menurut Departemen Pertahanan AS, dalam kunjungannya ke Yordania, Austin akan membahas tentang meningkatnya ancaman yang ditimbulkan Iran terhadap stabilitas regional. “Ancaman itu termasuk persenjataan Iran, pelatihan dan pendanaan kelompok proksi kekerasan, agresi di laut, ancaman dunia maya, program rudal balistiknya, serta serangan pesawat nirawak,” ujar seorang pejabat senior Departemen Pertahanan AS.

Saat ini Austin tengah melakukan tur Timur Tengah. Dari Yordania, dia diagendakan bertolak ke Israel dan Mesir.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi