Selasa, 30/04/2024 - 00:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Industri Kerajinan Terus Membaik Pascapandemi

ADVERTISEMENTS

Pengunjung mengamati produk yang dipajang dalam pameran Inacraft (ilustrasi). Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Reni Yanita bersyukur, kinerja ekspor industri kriya Indonesia kian membaik pascapandemi. Industri kerajinan merupakan salah satu sektor penting dalam industri Indonesia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Reni Yanita bersyukur, kinerja ekspor industri kriya Indonesia kian membaik pascapandemi. Industri kerajinan merupakan salah satu sektor penting dalam industri Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kemenperin mencatat, sepanjang 2022, nilai ekspor produk kerajinan nasional mencapai 949 juta dolar AS. Angka itu naik dibandingkan 2021 sebesar 916 juta dolar AS.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Soal Perubahan Harga BBM, Ini Kata Erick Thohir
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah serta sumber daya manusia yang kreatif,” kata Reni melalui keterangan resmi, Selasa (7/3/2023).

ADVERTISEMENTS

SDM Indonesia mampu mengolah sumber daya alam tersebut menjadi produk kerajinan tangan bernilai tambah tinggi. Hal tersebut perlu dipertahankan dan kembangkan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Oleh karena itu, industri kerajinan di Indonesia memiliki potensi bisnis yang cukup besar, baik dari segi produksi dan pasar. Hingga kini tercatat pangsa pasar kerajinan Indonesia sekitar 2,5 persen dari pasar dunia.

Berita Lainnya:
Pertamina: Konsumsi BBM di Bali Saat Libur Lebaran Naik

Indonesia memiliki banyak daerah penghasil kerajinan seperti Bali, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat, dengan produk utama berupa anyaman dan ukiran.

“Potensi pasar produk kerajinan masih sangat mungkin untuk tumbuh, dengan porsi pasar industri dalam dan luar negeri yang cukup besar, serta perkembangan industri Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya,” kata dia.

 

 

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi