Jumat, 26/04/2024 - 17:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Dorong Partisipasi Mahasiswa, FIA Unkris Gelar Kuliah Umum Bersama Ketua DPRD Kota Bekasi

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Krisnadwipayana (Unkris) menggelar kegiatan kuliah umum bertema ‘Partisipasi Sivitas Akademika FIA Unkris dalam Implementasi Good Governance di Kota Bekasi’ di Gedung D FIA Unkris pada Kamis (16/3/2023). Kegiatan kuliah umum ini diharapkan mampu mendorong partisipasi para mahasiswa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kuliah umum yang menghadirkan narasumber Ketua DPRD Kota Bekasi HM Saifuddaulah, SH MH, MPd.I tersebut diikuti oleh mahasiswa dan juga dosen di lingkungan FIA Unkris. Kuliah Umum tersebut dimoderatori oleh Ainun Nazriah MSc, dikoordinir oleh Wakil Dekan I FIA Unkris Dr Uchaimid B Robby MSi, dan Ketua LPM Catarina Cori MSi, serta dihadiri para wakil dekan, para kaprodi, dan para ketua lembaga yang ada di lingkungan FIA Unkris.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Sebagai bagian dari kaum akademisi, kita harus aktif bersama komponen masyarakat lain untuk ikut berpartisipasi dalam rangka mewujudkan Kota Bekasi dengan good governance yang layak bagi masyarakat,” kata Dekan FIA Prof Eryus A Koto, PhD, dalam sambutannya seperti dalam siaran persnya, Kamis (16/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pancasila Jurnal Keindonesiaan Dinilai Sebagai Kekuatan Akademik

Dalam materinya, Ketua DPRD Kota Bekasi Saifuddaulah menyebutkan, transparansi, akuntabel, adil, dan responsif itu bagian dari prinsip good governance. Hal tersebut perlu adanya keterlibatan publik. “Sudah menjadi hak publik untuk menyampaikan aspirasi, baik dukungan atau tuntutan, termasik kritik terhadap kebijakan-kebijakan yang ada. Mulai dari perumusan atau perencanaan regulasi, pelaksanaan (implementasi), juga evaluasi,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS

Menurut Saifuddaulah, peran sivitas akademika bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja membuat inovasi dalam menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang baik dan menyampaikan gagasan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Bagi Saifuddaulah, kolaborasi antara Pemkot Bekasi, DPRD Kota Bekasi, dengan sivitas akademika memberikan masukan dari penelitian atau pengabdian. “Siapa tahu hasil di lapangan menemukan saran dan rekomendasi temuan untuk membuat, menyarankan, atau mengevaluasi jadi masukan bagi kami untuk ditindaklanjut,” jelasnya.

Berita Lainnya:
UNM Tawarkan Biaya Kuliah Terjangkau dan Berkualitas

Sebelumnya, tim dosen yang dikoordinir Lembaga Pengabdian & Penelitian (LPPM) FIA Unkris bersama dosen senior Subagio Waluyo MSi telah melakukan penyusunan Naskah Akademik Raperda Kota Bekasi. Tercatat sudah tujuh isu digarap oleh tim dosen FIA Unkris sejak 2017, dan pada tahun 2022 ada tiga raperda.

Selain itu, BEM FIA Unkris juga telah melakukan riset mengenai isu inklusi sosial kalangan diasbilitas di Kota Bekasi tahun 2021, isu Kota Layak Anak di Kota Bekasi tahun 2022, dan rencana riset tahun 2023 ini akan mengangkat isu stunting di Kota Bekasi.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi