Jumat, 26/04/2024 - 11:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Bank Dunia Beri Hibah Rp 3,1 Triliun untuk Atasi Krisis Pangan Yaman

ADVERTISEMENTS

Sekitar 1,8 juta keluarga di Yaman akan memperoleh manfaat dari hibah tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Orang-orang yang terkena dampak konflik menunggu untuk mendapatkan jatah makanan darurat di tengah kerawanan pangan, di provinsi Amran, Yaman, 08 Desember 2022 (diterbitkan 12 Desember 2022). Bank Dunia telah mengumumkan pemberian hibah sebesar 207 juta dolar AS untuk mengatasi ketahanan pangan dan malnutrisi di Yaman.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 WASHINGTON – Bank Dunia telah mengumumkan pemberian hibah sebesar 207 juta dolar AS atau setara Rp3,1 triliun (dengan kurs Rp15.058 per dolar AS) untuk mengatasi ketahanan pangan dan malnutrisi di Yaman. Konflik yang sudah berlangsung sejak 2014 telah memicu krisis pangan di negara tersebut.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Korsel Buat Perjanjian Sediakan Dana Kerja Sama Ekonomi untuk Ukraina

Hibah untuk Yaman dikucurkan oleh Asosiasi Pembangunan Internasional Bank Dunia. Menurut Bank Dunia, sekitar 1,8 juta keluarga di Yaman akan memperoleh manfaat dari hibah tersebut.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Hibah juga akan mendukung rumah tangga miskin dan rentan yang menghadapi berbagai krisis yang tumpang tindih, termasuk konflik, inflasi harga pangan, keadaan darurat terkait iklim seperti banjir Agustus-September 2022, dan konsekuensi dari pandemi Covid-19,” kata Bank Dunia dalam keterangannya, dikutip laman Middle East Monitor, Selasa (28/3/2023).

Konflik di Yaman secara luas dilihat sebagai perang proksi antara Arab Saudi dan Iran. Perang Yaman mulai berkecamuk sejak kelompok pemberontak Houthi mengambil alih kontrol ibu kota Sanaa pada September 2014. Houthi disebut memperoleh dukungan dan sokongan dari Iran.

 

Pada 2015, Saudi memimpin koalisi untuk melakukan intervensi militer di Yaman dan memberikan dukungan pada pasukan pemerintah. Saudi memiliki kekhawatiran terhadap Houthi. Ia memandang kelompok pemberontak itu sebagai ancaman terhadap keamanannya. Houthi memang telah beberapa kali melancarkan serangan udara dan drone ke Saudi. Itu menjadi respons mereka terhadap intervensi militer Riyadh di Yaman.

Berita Lainnya:
Ada Pearl Harbor, Ternyata Hawaii tak Termasuk dalam Klausa Pertahanan Kolektif NATO

Menurut PBB, perang di negara tersebut telah merenggut 223 ribu nyawa. Dari 30 juta penduduknya, 80 persen di antaranya kini bergantung pada bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup. PBB telah menyatakan bahwa krisis Yaman merupakan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia. 

Pada 10 Maret lalu, Saudi dan Iran telah mengumumkan kesepakatan pemulihan hubungan. Hal itu diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan pada penyelesaian konflik Yaman.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi