Senin, 06/05/2024 - 09:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Cuaca Ekstrem dan Low Season, Pengguna Transportasi Menurun

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, secara bulanan pada Februari 2023 terjadi penurunan jumlah penumpang pada seluruh moda transportasi. Penurunan jumlah penumpang terjadi pada angkutan udara internasional dan domestik, laut domestik, serta kereta api.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Jumlah penumpang angkutan udara domestik yang berangkat pada Februari 2023 sebanyak 4,4 juta orang atau turun 11,04 persen dibanding kondisi pada Januari 2023. Jumlah penumpang tujuan luar negeri juga turun 4,40 persen menjadi 1,1 juta orang,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini dalam konferensi pers, Senin (3/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Sementara itu, BPS mencatat jumlah penumpang angkutan laut dalam negeri yang berangkat pada Februari 2023 sebanyak 1,3 juta orang atau turun 15,17 persen dibanding Januari 2023. Lalu untuk jumlah barang yang diangkut turun 1,25 persen menjadi 27,5 juta ton.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Konflik Iran-Israel, Pertamina Siapkan Strategi Antisipasi Dampak Geopolitik  
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Lalu untuk jumlah penumpang kereta api yang berangkat pada Februari 2023 sebanyak 26,3 juta orang atau turun 9,50 persen dibanding Januari 2023. Lalu jumlah barang yang diangkut kereta api mengalami penurunan 6,08 persen menjadi 5,1 juta ton.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Pudji menuturkan, penurunan jumlah penumpang di seluruh moda transportasi pada Februari 2023 disebabkan karena adanya efek musiman. “Pada Februari ini merupakan masa low season. Kemudian kita lihat bahwa di bulan Februari jumlah harinya ini lebih sedikit tiga hari dibandingkan dengan Januari,” tutur Pudji.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
GAPKI: Pemerintah Ciptakan Ekonomi Baru Lewat Peremajaan Sawit Rakyat

Lalu, cuaca buruk pada Februari 2023 juga mengganggu aktivitas penerbangan dan juga pelayaran reguler yang melayani transportasi masyarakat. Pudji menuturkan, kondisi tersebut mengakibatkan terjadinya pembatalan beberapa penerbangan dan sementara aktivitas pelayaran.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dia menambahkan, angkutan barang laut juga menurun dikarenakan rendahnya aktivitas distribusi bahan logistik. “Ini utamanya pada komoditas konstruksi bangunan bahan kimia dan juga besi kemudian angkutan barang menurun disebabkan oleh penurunan angkutan barang terutama pada komoditas peti kemas, BBM, batu bara, dan semen,” jelas Pudji.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi