Senin, 06/05/2024 - 13:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Korsel, AS, Jepang Gelar Latihan Maritim Libatkan Kapal Induk

ADVERTISEMENTS

SEOUL – Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat (AS) dan Jepang memulai latihan angkatan laut trilateral, melibatkan kapal induk AS di perairan selatan Semenanjung Korea pada Senin (3/4/2023), kata Kementerian Pertahanan di Seoul.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Latihan tersebut dilakukan di tengah upaya gabungan untuk memperkuat upaya pencegahan meningkatnya ancaman Korea Utara (Korut).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Latihan anti-kapal selam, pencarian dan penyelamatan yang menampilkan kapal induk USS Nimitz tersebut berlangsung di perairan internasional di selatan pulau selatan Jeju.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Manuver gabungan itu menyusul aksi provokatif Pyongyang, seperti peluncuran hulu ledak nuklir taktis Hwasan-31 mereka pekan lalu dan uji coba drone serangan nuklir bawah laut Haeil beberapa hari sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“(Latihan anti-kapal selam itu) diatur untuk meningkatkan kemampuan respons Korsel, AS, dan Jepang terhadap ancaman bawah laut Korut, termasuk dari rudal balistik yang diluncurkan kapal selam,” kata kementerian tersebut dalam sebuah rilis pers.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Ancaman Korut Jadi Pembahasan Utama Korsel dan NATO

Korsel dalam latihan tersebut juga mengerahkan kapal perusak utamanya, Yulgok YiYi, Choe Yeong, dan Daejoyeong, serta kapal pendukung tempur Soyang.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sementara AS mengirim kapal induk tersebut dan dua kapal perusak, USS Wayne E. Meyer dan USS Decatur. Sedangkan Jepang mengerahkan kapal perusak JS Umigiri.

Latihan anti-kapal selam itu akan fokus pada upaya meningkatkan kemampuan ketiga negara untuk “mendeteksi, melacak, berbagi informasi dan mengalahkan” ancaman bawah laut Korut, menurut kementerian tersebut.

Selama segmen pencarian dan penyelamatan, mereka berencana mensimulasikan prosedur pertolongan pertama dan prosedur darurat lain bagi mereka yang mengalami kecelakaan laut.

Berita Lainnya:
Sebanyak 34.183 Warga Palestina Gugur Sepanjang 200 Hari Serangan Zionis Israel di Gaza

Ketiga negara terakhir menggelar latihan anti-kapal selam trilateral pada September lalu. Latihan pencarian dan penyelamatan oleh ketiga negara pekan ini berlangsung untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun, menurut kementerian.

USS Nimitz, yang menjadi pusat perhatian dari kekuatan angkatan laut AS, melakukan latihan secara bilateral dengan Angkatan Laut Korsel Senin lalu, dan berlabuh di Busan, 325 kilometer bagian tenggara Seoul, keesokan harinya.

Latihan pekan ini menggarisbawahi kerja sama keamanan yang lebih erat di antara AS dan dua sekutunya di Asia, yang hubungannya mencair setelah Seoul membuat solusi terhadap masalah pelik terkait kompensasi bagi korban kerja paksa selama masa perang.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi