Selasa, 30/04/2024 - 18:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Suhu Panas Terus, Begini Penjelasan BMKG

ADVERTISEMENTS

Saat ini kondisi cuaca umumnya cerah-berawan pada pagi-siang hari. Hal ini berarti kondisi perawanan yang bisa menghalangi sinar matahari relatif kurang atau minim.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA—Beberapa hari ini suhu terasa panas. Senior Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Muhammad Hakiki menjelaskan pemicu suhu panas beberapa hari ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Bulan April, posisi semu matahari berada di sekitar Latitude: 10° 45′ North, Longitude: 89° 22′ East, dan menunjukkan fase gerak semu ke utara hingga Juni nanti, yang masih berdampak penyinaran matahari optimum di wilayah Indonesia khususnya bagian ekuator dan Selatan,” ujar Muhammad Hakiki, Rabu (19/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dia kemudian mengungkapkan kondisi cuaca umumnya cerah-berawan pada pagi-siang hari. Hal ini berarti kondisi perawanan yang bisa menghalangi sinar matahari relatif kurang atau minim.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Cuaca Jadi Penentu Kelancaran Mudik di Jalur Pantura Cirebon-Semarang

“Kondisi tersebut dapat memicu penerimaan radiasi matahari menjadi cukup baik di permukaan dan suhu yang cukup terik terutama pada siang tengah hari,” kata Muhammad Hakiki.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sementara itu, Muhammad Hakiki juga menuturkan suhu maksimum yang tercatat di wilayah Indonesia antara 33-37 derajat Celcius, di mana suhu tertinggi Senin (17/4/2023) tercatat di Balai 2 Ciputat sebesar 37,2 derajat Celcius.  Menurutnya, suhu yang tercatat bervariasi dari hari ke hari.

Suhu maksimum cenderung terjadi di antara pukul 10.00 hingga pukul 16.00 ketika tutupan awan paling minimal. Suhu relatif cukup tinggi, Muhammad Hakiki mengungkapkan, cenderung bisa terjadi hingga musim kemarau berakhir yaitu sekitar Oktober.

Berita Lainnya:
Viral Detoks Kaki Direndam Bersama Pelat Baja yang Dialiri Listrik, Apa Itu Elektrolisis?

Di sisi lain, dia juga memberikan saran terkait suhu panas ini mengingat sekarang memasuki musim mudik dan libur lebaran. Ada lima saran, yakni menyiapkan segala perlengkapan dan obat-obatan saat mudik lebaran, menyiapkan fisik yang sehat ketika berkendaraan, selalu melakukan update informasi arus mudik lebaran dari berbagai kanal media, selalu konsumsi air putih cukup agar terhindar dari dehidrasi, dan selalu melakukan update informasi cuaca di jalur mudik lebaran melalui website BMKG, mobile apps infoBMKG, media sosial BMKG (Instagram, Twitter, YouTube, infoBMKG), dan call centre 196.

Banyak keuntungan nabung di bank syariah loh. Intip-intip, Kamu nasabah di bank syariah mana yaa?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi