Kamis, 02/05/2024 - 08:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Jepang Gagal Lakukan Pendaratan Pertama di Bulan

ADVERTISEMENTS

Jepang gagal melakukan pendaratan di bulan. Ilustrasi

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Pendaratan swasta pertama di Bulan berakhir dengan kegagalan setelah perusahaan rintisan Jepang kehilangan kontak dengan pendarat Bulan. Ketika pendarat Hakuto-R Mission 1 telah mendekat ke permukaan Bulan, para insinyur menyebut bahwa mereka tidak bisa lagi berkomunikasi dengan pesawat ruang angkasa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Saat ini, kami belum mengonfirmasi komunikasi dari pendarat. Jadi kami harus berasumsi bahwa kami tidak dapat menyelesaikan pendaratan,” kata CEO ispace, Takeshi Hakamada, dalam sebuah siaran langsung misi tersebut seperti dilansir dari The Verge, Kamis (27/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Desember lalu, ispace meluncurkan pendarat Hakuto-R dari Cape Canaveral, Florida, di atas roket Falcon 9 milik SpaceX. Pendarat ini memulai perjalanan selama tiga bulan untuk mencapai orbit Bulan sebelum akhirnya mendarat di permukaan Bulan pada hari Selasa. Segala sesuatunya tampak berjalan sesuai rencana hingga para insinyur tidak menerima respons dari wahana antariksa tersebut setelah pendaratan yang diharapkan pada pukul 12.40 siang ET (Waktu Timur).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kepala BMKG Ungkap Ada Retakan di Lereng Pascagempa di Garut

“Para insinyur dan spesialis operasi misi kami di MCC (pusat kendali misi) saat ini sedang bekerja untuk mengonfirmasi status pendarat saat ini. Informasi lebih lanjut tentang status pendarat akan diumumkan jika sudah tersedia,” demikian kata ispace.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Hakuto-R membawa dua penjelajah bulan: sebuah kendaraan roda empat dari Uni Emirat Arab dan sebuah penjelajah mini bergaya Star Wars yang dibuat oleh Sony dan perusahaan mainan Jepang, Tomy.

Berita Lainnya:
Terumbu Karang di Seluruh Dunia Alami Pemutihan Massal Akibat Pemanasan Laut

Meskipun badan antariksa nasional Jepang belum pernah melakukan pendaratan di Bulan, misi bulan pertama mereka terjadi pada tahun 1990, ketika pesawat ruang angkasa Hiten mengitari Bulan sambil mengambil data tentang debu kosmik. Jepang akan kembali mencoba mendaratkan wahana antariksa di Bulan secara utuh dengan peluncuran Smart Lander for Investigating Moon yang sempat tertunda pada tahun ini.

 

 

 

 

Dari daftar di bawah ini, mana nih Hape favorit Kamu?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi