Sabtu, 04/05/2024 - 02:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Lawan Investasi Bodong, Ini Prospek dan Tantangan Urun Dana Syariah

ADVERTISEMENTS

Platform investasi layanan urun dana atau Securities Crowdfunding (SCF) berbasis syariah, SHAFIQ.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Co-Founder dan CEO Shafiq Kevin Syahrizal mengungkapkan hingga kuartal pertama 2023, Shafiq mengalami pertumbuhan disbursement atau pencairan pendanaan yang relatif baik. Shafiq mengalami pertumbuhan disbursement mencapai 418,60 persen year on year (yoy) atau sebesar Rp 59,92 miliar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Prospek ke depan tentunya masih cukup besar, khususnya pasar di Indonesia,” ujar Kevin kepada Republika, Kamis (5/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Saat ini, Shafiq melihat pasar di Indonesia dari dua sisi. Pertama, dari sisi yang membutuhkan pendanaan, jumlah UMKM di Indonesia sangat besar mencapai 64 juta dan terus mengalami pertumbuhan lantaran adanya selisih untuk mengakses pendanaan yang masih besar. Kemudian, yang kedua dari sisi pemilik dana atau pemodal.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Menaker: Program Magang ke Luar Negeri Tingkatkan Kualitas SDM

“Jika kita melihat antusiasme masyarakat untuk berinvestasi ini sangat besar, salah satunya kita bisa melihat data yang dirilis oleh Satgas OJK bahwa jumlah kerugian dari investasi bodong (yang tidak berizin) itu mencapai lebih dari Rp 120 triliun. Angka ini sangat besar dibandingkan target yang ingin dicapai oleh industri fintech, apalagi Shafiq,” tuturnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Jika berbicara segmen syariah, pasar di Indonesia saat ini sedang bertumbuh dan potensinya dinilai sangat besar. Ini karena lebih dari 85 persen penduduk Indonesia merupakan masyarakat Muslim. Tantangan utamanya saat ini masih seputar pemahaman masyarakat tentang ekonomi dan keuangan syariah.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Pertamina Jamin Pasokan Avtur Penuhi Kebutuhan di Masa Mudik

“Kita bisa melihat angka indeks literasi keuangan syariah yang dirilis oleh Bank Indonesia sangat kecil sekali, baru mencapai 9,1 persen dibandingkan dengan literasi keuangan nasional yang mencapai 49 persen,” ungkapnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Oleh karena itu, salah satu yang menjadi fokus prioritas Shafiq adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang keuangan syariah yang benar. Khususnya , menyasar generasi milenial dan generasi Z melalui kanal media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya.

“Kami berupaya memberikan pemahaman mengenai investasi yang benar dan tidak melanggar syariat sehingga diharapkan generasi kita ke depannya tidak mudah tertipu dengan iming-iming investasi bodong yang merugikan masyarakat,” tuturnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi