Jumat, 03/05/2024 - 16:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Kemendag Lakukan Hal Ini Hadapi Kenaikan Harga Pangan Dunia

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan sejumlah langkah strategis menghadapi kenaikan harga pangan dunia yang berpengaruh pada komoditas nasional.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan upaya pengendalian harga di dalam negeri merupakan kerja besar yang dilakukan secara kolaboratif antarlembaga. Badan Pangan Nasional juga telah dibentuk sebagai upaya integrasi stabilisasi harga pangan dan cadangan pangan pemerintah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Terkait risiko kenaikan harga komoditas internasional terutama yang kini didorong oleh El Nino pemerintah telah melakukan berbagai upaya mitigasi,” ujar IsyKarim saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Kamis (11/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Isy menerangkan pada sisi produksi, pemerintah telah meningkatkan produksi pangan dan memperkuat cadangan pangan pemerintah melalui Badan Pangan Nasional. Dari segi kebijakan impor, pemerintah menggunakan strategi tepat waktu dan tepat jumlah dengan tetap mengutamakan produksi dalam negeri.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Relaksasi HET Beras Premium Berakhir, Badan Pangan Bakal Perpanjang Lagi?

“Sebagai langkah antisipasi dan menambah cadangan beras, pemerintah telah memutuskan menambah pasokan dari luar negeri sebesar 2 juta ton,” kata Isy.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sementara itu, dari sisi ekspor pemerintah memutuskan untuk mengembalikan target domestic market obligation (DMO) minyak goreng sebesar 300 ribu ton per bulan, di mana sebelumnya pada periode Ramadhan-Lebaran sempat dinaikkan menjadi 450 ribu ton per bulan guna mencegah kelangkaan serta kenaikan harga.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Selain itu, Kemendag juga mencairkan deposito Hak Ekspor secara bertahap, serta penyesuaian angka pengali dan insentif.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Bauran kebijakan ini ditujukan agar ekspor CPO (crude palm oil/minyak sawit mentah) tidak terganggu dan pasokan minyak goreng di dalam negeri tercukupi,” kata Isy.

Pada Jumat (5/5/2023), Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) melaporkan bahwa harga pangan dunia pada April 2023 mengalami kenaikan untuk pertama kalinya dalam setahun. Kenaikan April mencerminkan harga yang lebih tinggi untuk gula, daging dan beras, yang mengimbangi penurunan indeks harga sereal, susu dan minyak sayur.

Berita Lainnya:
Harga Pangan Dunia Meningkat pada Maret Setelah Tujuh Bulan Turun

Indeks harga gula melonjak 17,6 persen dari Maret, mencapai level tertinggi sejak Oktober 2011. FAO mengatakan kenaikan itu terkait dengan kekhawatiran pasokan yang lebih ketat menyusul revisi turun perkiraan produksi untuk India dan China, bersama dengan produksi yang lebih rendah dari perkiraan sebelumnya di Thailand dan Uni Eropa.

Sementara indeks daging naik 1,3 persen bulan ke bulan, harga susu turun 1,7 persen, harga minyak sayur turun 1,3 persen dan indeks harga sereal turun 1,7 persen, dengan penurunan harga dunia dari semua biji-bijian utama melebihi kenaikan harga beras.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi