Kamis, 16/05/2024 - 08:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Nasib Ekonomi Umat Islam: Keresahan Jusuf Kalla dan Ciputra

Oleh: Anwar Anwar Abbas, Ketua PP Muhammadiyah dan Wakil Ketua Umum MUI

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Keresahan dan keprihatinan Jusuf Kalla (JK) terhadap minimnya jumlah orang islam dan penduduk asli  yang menjadi pengusaha tentu sangat patut kita perhatikan dan renungkan bersama.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Ini karena memang kenyataannya umat islam dan penduduk asli jauh ketinggalan dari saudara kita dari etnis china  terutama untuk pengusaha-pengusaha besar atau kelas atas  karena jumlah kita umat islam 86,8% tetapi representasi kita di 10 orang terkaya di negeri ini seperti diungkap oleh media forbes hanya satu orang, yaitu Chairul Tanjung. Sementara saudara kita dari etnis china yang jumlah mereka hanya sekitar 3%  representasinya ada delapan orang dan dari etnis keturunan india ada satu orang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Kedatangan Penumpang Arus Balik di Terminal Banda Aceh 2.135 Orang

Tapi perlu juga kita ketahui bahwa sebenarnya keprihatinan ini tidak hanya dirasakan oleh pak JK saja tapi  juga pernah disampaikan oleh Ciputra seorang pengusaha dari etnis cina dan raja  real estate Indonesia. Ciputra dalam satu wawancara sempat menyampaikan keprihatinannya karena dari 45-50 perusahaan publik dalam bidang properti yang  milik dari  penduduk asli  hanya satu sementara yang lainnya adalah milik dari warga keturunan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Lalu apa yang harus dilakukan supaya keadaan umat islam dan penduduk asli ini berubah ? menurut Ciputra kita harus didik anak-anak kita terutama dari penduduk asli ini untuk menjadi entrepreneur. Untuk  mencetak entrepreneur itu kata Ciputra  ada 3 syarat yaitu orang tua, lingkungan dan guru.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Penduduk asli kata Ciputra tidak punya ketiga-tiganya. Oleh karena itu saya akan bersurat kepada Jokowi dan JK (waktu itu jadi wapres) agar sebagian besar anggaran pendidikan  dialokasikan untuk mencetak lulusan-lulusan yang akan menjadi  entrepreneur-entrepreneur.  

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Pemkab Gunungkidul Siapkan Sanksi Bagi ASN yang tak Masuk Kerja Setelah Libur Lebaran

Saran dari Ciputra ini tentu sangat  perlu kita perhatikan karena  dunia pendidikan kita selama ini  memang terlihat lebih siap untuk mencetak  lulusan-lulusan pencari kerja, ketimbang mencetak para lulusan yang  memiliki entrepreneur mentality.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Oleh karena itu  jika saran dari Ciputra ini bisa diikuti dan dilaksanakan  maka  keresahan  JK dan kita semua tentu akan bisa teratasi. Cuma pertanyaannya maukah pemerintah mengikuti saran dari Ciputra tersebut ? itulah bagi saya yang masih menjadi tanda tanya besar. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi