Selasa, 30/04/2024 - 01:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Saat Setan Bersumpah Goda Manusia, Allah Justru Berjanji tak akan Menutup Pintu Tobat

ADVERTISEMENTS

Saat Setan Bersumpah Goda Manusia, Allah Justru Berjanji tak akan Menutup Pintu Taubat. Foto: Ilustrasi Taubat

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA –Tak ada makhluk yang mengetahui kapan persisnya dia akan mati, berada di mana dan sedang apa ketika ajalnya datang menjemput. Maka dari itu, Islam mengajarkan untuk menyegerakan bertobat dari setiap dosa dan kesalahan. Sehingga sebelum ajal datang dosa-dosa yang pernah dilakukan telah terhapuskan dengan tobat yang sungguh-sungguh (taubatan nasuha). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dalam kitab At Tadzkirah, Imam Qurthubi menjelaskan bahwa ada sebagian ulama bahkan mengatakan, menyegerakan bertobat ketika sehat itu lebih utama dari melakukan amal shaleh apalagi bila kematian hampir mendekati. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sebab, sejatinya setan akan selalu menggoda manusia. Ketika manusia itu terjerumus dalam kemaksiatan dan tidak segera bertobat, maka setan akan semakin menyesatkan dan menjauhkannya dari Allah. 

ADVERTISEMENTS

Namun, orang-orang yang menyegerakan bertobat dan berhasil melawan nafsunya ia akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Sebesar apapun dosa yang dilakukan, ampunan Allah SWT jauh lebih besar. Sebab Allah adalah Dzat yang maha pengampun. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Kisah Umar bin Abdul Aziz Mencopot Gubernur

Imam Qurthubi dalam At Tadzkirah menukilkan keterangan Al Hasan tentang janji Allah SWT yang tak akan menutup pintu taubat bagi setiap hamba sampai ajal hamba tersebut datang. 

وعن الحسن لما أهبط إبليس قال: بعزتك لا أفارق ابن آدم ما دام الروح في جسده، قال الله تعالى: فبعزتى لا أحجب التوبة عن ابن آدم ما لم تغرغر نفسه.

Al Hasan menceritakan bahwa Iblis berkata kepada Allah saat dia diusir dari surga, aku bersumpah tidak akan melepaskan anak-anak Adam selama roh masih berada dalam jasadnya. Allah kemudian berkata: “Aku juga bersumpah tidak akan menutup pintu taubat bagi anak-anak Adam selama roh belum sampai di tenggorokannya,” 

Berita Lainnya:
Sadio Mane Bangun Masjid Sebagai Bentuk Bantuan Bagi Kampung Halamannya

Allah SWT berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّـَٔاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ يَوْمَ لَا يُخْزِى ٱللَّهُ ٱلنَّبِىَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مَعَهُۥ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَٰنِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَٱغْفِرْ لَنَآ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu,” (At Tahrim ayat 8)

 

 

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi