Minggu, 05/05/2024 - 02:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Kunjungan Presiden Venezuela ke Brasil Buka Sejarah Baru

ADVERTISEMENTS

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva menyambut Presiden Venezuela Nicolas Maduro pada Senin (29/5/2023). Momen ini menandai kunjungan pertama Maduro ke Brasil sejak 2015.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

MEXICO CITY —  Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva menyambut Presiden Venezuela Nicolas Maduro pada Senin (29/5/2023). Momen ini menandai kunjungan pertama Maduro ke Brasil sejak 2015.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Maduro dan istrinya Cilia Flores tiba di Brasilia pada Ahad (28/5/2023). Kehadiran pemimpin Venezuela ini menjelang pertemuan puncak para pemimpin Amerika Latin yang dijadwalkan pada Selasa (30/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Presiden Lula pun menunjukan antusiasmenya atas kunjungan Maduro di Twitter, mengingat itu adalah momen bersejarah. Dia mengungkapkan keinginannya untuk membangun kembali hubungan diplomatik dan komersial dengan pemerintah Venezuela.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
PBB Desak De-eskalasi Perbatasan Israel-Lebanon

“Hubungan komersial kami dulu memiliki aliran enam miliar dolar. Hari ini menjadi dua miliar. Ini buruk bagi Venezuela dan Brasil. Namun hubungan antara negara kita juga dapat bersifat budaya, ekonomi, dalam pertukaran ilmu pengetahuan dan teknologi, dalam perang melawan perdagangan narkoba di perbatasan kita,” ujar Lula.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Maduro juga memuji dimulainya kembali hubungan bilateral antar negara. “Pertemuan saya dengan Presiden @LulaOficial merupakan fakta bersejarah, transendental, dan kemenangan bagi martabat rakyat kami,” katanya dikutip dari Anadolu Agency.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Menurut Maduro, penyelamatan dan penyegaran persatuan antara Brasil dan Venezuela adalah jalan yang benar. Upaya itu dinilai akan membawa Brasilia dan Caracas menuju pengembangan dan integrasi negara yang hebat.

Berita Lainnya:
KDEI Taipei Kunjungi WNI Terdampak Gempa Bumi Taiwan

Hubungan diplomatik antara Venezuela dan Brasil telah tegang secara signifikan sejak Jair Bolsonaro mengambil alih kekuasaan pada 2019. Bolsonaro mengeluarkan dekrit yang melarang Maduro memasuki negara itu dan menyatakan dukungannya pada pemimpin oposisi Juan Guaido.

Menyusul kemenangan Lula dalam pemilu 2022, terjadi perubahan dramatis dalam pendekatan diplomatik terhadap Venezuela. Lula mengundang Maduro untuk menghadiri pelantikannya pada Januari 2023, mengakhiri larangan yang diberlakukan terhadap Maduro.

Konferensi Tingkat Tinggi Pemimpin Amerika Selatan akan diadakan Selasa di Brasilia di Istana Itamaraty. Presiden Argentina, Bolivia, Cile, Kolombia, Ekuador, Guyana, Paraguay, Suriname, Uruguay, dan Venezuela telah mengkonfirmasi kehadirannya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi