Selasa, 30/04/2024 - 13:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Siasati Harga Tinggi, Warga di Lampung Beli Telur Ayam Pecah

ADVERTISEMENTS

BANDAR LAMPUNG — Saat ini, harga telur ayam di pasar tradisional Kota Bandar Lampung berkisar Rp 29 ribu-30 ribu per Kg, Rabu (31/5/2023). Untuk menyiasati harga yang tinggi, warga membeli telur ayam pecah untuk kebutuhan sehari-hari.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Berdasarkan pemantauan di Pasar Tamin Bandar Lampung dan juga Pasar Cendrawasih, Kota Metro, Rabu (31/5/2023), penjual telur telah memasang harga telur ayam di Pasar Tamin Kota Bandar Lampung Rp 30 ribu per Kg. Sedangkan di Pasar Cendrawasih Kota Metro harga telur Rp 29 ribu per Kg.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Mahalnya harga telur ayam sudah terjadi selama Mei 2023 dan bertahan di kisaran Rp 29 ribu-31 ribu per Kg. Sejak kenaikan harga telur, warga menyiasati dengan membeli telur ayam yang sudah pecah. Penjual telur ayam grosiran, juga menjual telur ayam pecah dikarenakan sisa dari pengantaran dari agen telur.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh
Berita Lainnya:
Unggahan IG Verrel Bramasta dan Putri Zulhas Bikin Heboh

Menurut Gani (48 tahun), penjual telur ayam grosir dan eceran di Pasar Induk Tamin, Bandar Lampung, kenaikan harga telur di tokonya karena memang sudah naik dari agennya. “Harga telur sekarang Rp 30 ribu per Kg untuk eceran. Kalau grosir Rp 29 ribu per Kg,” kata Gani.

ADVERTISEMENTS

Sedangkan untuk pembelian eceran kepada masyarakat, ia menjual telur ayam seharga Rp 16 ribu per Kg. Gani tidak menjual telur ayam dengan berat di bawah setengah kilogram, apalagi eceran. Tapi, ia menjual telur ayam pecah, sisa pengantaran dari agen.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Banyak juga yang beli telur ayam pecah. Memang harganya lebih murah, tapi telurnya masih bagus,” kata Gani.

Harga telur ayam pecah dijual eceran Rp 1.000 per butir. Sedangkan di tingkat eceran warung harga telur ayam mencapai Rp 2.000 per butir.

“Lumayan bisa hemat kalau beli telur ayam pecah untuk masak di rumah,” kata Wati (56 tahun), ibu rumah tangga di Tanjungkarang Barat.

Berita Lainnya:
Bazar Sembako Murah Hingga Mudik Asyik Bersama BUMN Hiasi Program Ramadhan JIEP

Menurut dia, membeli telur ayam pecah salah satu upaya berhemat belanja makan keluarga setiap hari. Lagi pula, ujar dia, telur pecah tersebut bukan karena busuk, tapi memang karena pengantaran.

“Telurnya masih bagus, lagi pula belinya juga tidak banyak,” kata ibu dua anak tersebut.

Sedangkan penjual telur ayam di Pasar Cendrawasih, Kota Metro masih bertahan menjual telur ayam Rp 29 ribu per Kg. Harga pasaran telur ayam selama Mei 2023, tidak melebihi harga tersebut.

“Kalau di sini banyak peternak ayam, jadi harga bertahan Rp 29 ribu per Kg,” kata Firman, penjual telur di Pasar Cenderawasih.

Ia telah memasang pemberitahuan harga Rp 29 ribu di toko grosirnya. Pembeli tidak perlu bertanya lagi harga telur. Toko telur ayam milik Firman ini memang sudah dikenal warga di Kota Metro dengan harga terendah.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi