Selasa, 30/04/2024 - 06:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

ICMI: Jumlah Pengangguran Indonesia Lebih Banyak dari Penduduk Singapura

ADVERTISEMENTS

Permukiman padat penduduk di sekitar Sungai Code, Yogyakarta, Kamis (19/1/2023). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi provinsi termiskin di Pulau Jawa Jawa per September 2022. BPS melaporkan persentase penduduk miskin di DIY per September mencapai 11,49 persen. Meski demikian, jumlah ini menurun jika dibandingkan pada Maret 2022 yakni 11,34 persen.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Sekertaris CIDES ICMI, Hery Margono mengatakan jumlah pengangguran di Indonesia sangatlah tinggi. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022 jumlah pengangguran di Indonesia ada sebanyak 8,42 juta orang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Jumlah 8,42 juta orang ini lebih besar dari jumlah penduduk Singapura sebanyak enam juta orang. Bayangkan kalau 8,42 juta orang Indonesia itu produktif, kita bisa jadi negara kaya, kenyataannya delapan juta orang itu menganggur,” ujarnya dalam Webinar Nasional “Pertumbuhan Ekonomi Pemerataan dan Kemiskinan di Indonesia, Selasa (13/6/2023) malam.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Enam Bulan Serang Gaza, Netanyahu Kini Derita Hernia

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Saat ini, sambung Hery,  disparitas pendapatan antara kelompok masyarakat berpendapatan tinggi, kelompok masyarakat berpendapatan sedang dan kelompok masyarakat berpendapatan rendah di Indonesia sangat luar biasa.

Berdasarkan pendapatan per kapita Indonesia pada 2022 masih ada 26,16 juta orang di Indonesia yang berpenghasilan sebanyak Rp 505.469. Mirisnya, di kota-kota besar seperti Jakarta, banyak pula orang yang berpenghasilan ratusan juta hingga miliaran setiap bulannya.

Berita Lainnya:
Faisal Ungkap Nama Tiga Menteri yang Paling Vulgar Politisasi Bansos: Airlangga, Bahlil dan Zulhas

 

“Jadi memang kata Pak Jusuf Kalla ada disparitas luar biasa, memang faktanya seperti itu, yang terjadi,” ungkapnya.

 

Ia pun mengungkapkan, berdasarkan teori Schumpeter, dalam pertumbuhan ekonomi yang paling banyak memberi sumbangan adalah para wirausahawan. Oleh karenanya, pemerintah harus membimbing dan melakukan pendampingan kewirausahaan masyarakat, karena jiwa kewirausahaan sangat penting untuk membangun negeri.

“Menurut David C McClelland pun menyampaikan negara makmur itu apabila minimal 20 persen penduduknya adalah pengusaha, di tahun 2023 jumlah pengusaha di Indonesia masih di angka 3,18 persen. Oleh karenanya ICMI terus menstimulus peningkatan kuantitas dan kualitas pengusaha muslim yang profesional dan beretika,” tuturnya.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi