Selasa, 07/05/2024 - 06:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Analis Sebut Private Placement Waskita Beton Bisa Lindungi Investor

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Head of Investment Information Mirae Asset Sekuritas Roger MM mengatakan aksi korporasi private placement berupa pengonversian utang menjadi saham baru oleh PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) bisa memberikan perlindungan terhadap investor perseroan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Langkah apapun tidak jadi masalah, yang penting investor bisa terlindungi, sahamnya bisa dibuka lagi. Daripada delisting, itu lebih merugikan pihak investor,” ujarnya di Jakarta, Selasa (13/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Ia mengatakan aksi private placement berupa pengorvesian utang menjadi saham merupakan upaya yang wajar dilakukan oleh perusahaan publik, apabila sedang melakukan penundaan kewajiban pembayaran utang atau PKPU.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Penukaran utang menjadi saham, kemudian jadi obligasi yang bertenor berapa tahun, jadi merubah kepemilikan, itu salah satu strategi perusahaan untuk selamat dari PKPU,” ujar Roger.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Pendapatan Usaha Waskita Beton Naik 38 Persen pada Kuartal I 2024  

Dalam aksi tersebut, menurutnya, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) sebagai pemegang saham pengendali WSBP telah memperhitungkan secara matang terkait dengan besaran lembar saham yang akan dilepas kepada kreditur dagang.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Pasti udah dihitung-hitung sama Waskita Karya, berapa utang yang harus dijadikan saham, dia tetap jadi pengendali, sudah dihitung sama pengendali kalau seperti itu. Jadi, perhitungannya udah matang,” ujar Roger.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Adapun, aksi korporasi private placement rencananya akan dilaksanakan oleh WSBP dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 30 Juni 2023, sebagai upaya pemulihan kinerja operasional, pemasaran, maupun kinerja keuangan perseroan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Vice President of Corporate Secretary WSBP Fandy Dewanto menjelaskan pemulihan kinerja operasional perseroan, di antaranya mengefisienkan produksi, memaksimalkan sumber daya dan utilitas pabrik, hingga memanfaatkan pertambangan tanah atau batuan (quarry) untuk mendukung material produksi di setiap proyek atau pabrik.

Berita Lainnya:
Harga Eceran Tertinggi Minyakita Bakal Dinaikkan

Selain itu, lanjutnya, dalam hal pemasaran perseroan akan memprioritaskan perolehan kontrak atau proyek-proyek yang memang memiliki pendanaan yang baik, guna terus menjaga proses bisnis perusahaan dapat berjalan secara berkelanjutan. Kemudian, WSBP juga akan melakukan optimalisasi aset melalui divestasi beberapa plant dan aset lainnya.

PT Waskita Beton Precast Tbk akan mengonversi utang para kreditur dagang menjadi ekuitas maksimal Rp 1,7 triliun, serta menerbitkan saham baru maksimum sebanyak 34,1 miliar lembar saham.

Konversi utang para kreditur dagang menjadi ekuitas tersebut membuat kepemilikan saham WSKT terhadap WSBP bisa menjadi maksimal 26,1 persen, yang mana sesuai regulasi bahwa kepemilikan saham pengendali minimal 25 persen.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi